sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Nasional

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Hukum

Peristiwa

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Agraria

LARAS JABAR

Ekbis

Pernak Pernik

Selebrity

Seni Budaya dan Hiburan

» » Fungsi Modin Adalah Untuk Melayani Masyarakat

Ilustrasi Ritual Keagamaan
Pasuruan, Laras Post - Secara struktural posisi jabatan bidang kesra (Kesejahteraan Rakyat) /modin memang berada di bawah kepala desa, akan tetapi dalam menjalankankan tugas dan fungsinya seorang modin lebih banyak langsung terjun di tengah kehidupan masyarakat sehingga sangatlah tepat jika secara administratif seorang modin disebut dengan istilah Kaur Kesra (Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat). 

Demikian dijelaskan oleh Kepala Desa Ngerong, Kecamatan Gempol Jemik, Pasuruan, Sandiman kepada wartawan, Jumat 24/07 di kediamannya.  Tugas kaur kesra/modin meliputi pembinaan di bidang agama, kesehatan, pendidikan, olahraga, dan kesenian di wilayahnya.  Selain itu juga membantu kepala desa dalam melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, penyusunan program keagamaan serta melaksanakan program pemberdayaan masyarakat dan sosial kemasyarakatan.

Fungsi KAUR Kesra/Modin juga meliputi penyiapan dan pelaksanaan program perkembangan kehidupan beragama. Penyiapan bahan dan pelaksanaan program, pemberdayaan masyarakat dan sosial kemasyarakatan, termasuk juga pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan kepala desa.
Peranan yang paling penting dan sering terlihat bagi seorang Modin adalah dalam hal keagamaan,  hal tersebut meliputi mulai dari acara jama’ah atau yang biasa disebut dengan yasinan dimana hal itu dilakukan secara rutin setiap minggunya oleh warga, tahlilan memperingati meninggalnya salah satu warga, dan termasuk segala bentuk selamatan warga. 

Jemik Sandiman selaku Kepala Desa Ngerong telah mengambil keputusan yang sangat tepat karena telah mengangkat Syaifudin sebagai Kaur Kesra/Modin guna membantu Modin yang lama karena mengingat wilayah desa tersebut yang luas, membuat kuwalahan dan banyak tugas-tugas yang harus secepatnya diselesaikan.

Menurut Jemik, Modin Syaifudin sudah dinyatakan resmi menjadi Modin dan sudah mengantongi SK dari KUA setempat, hal itu juga dibenarkan oleh salah seorang tokoh masyarakat setempat.
“Saya melakukan itu semua tentu demi kesejahteraan masyarakat yang berada di desa saya,”  imbuh Jemik Sandiman. (haryanto)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 Comments:

Posting Komentar