sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Megapolitan

Polkam

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

Bisnis

LARAS JATENG

Olah Raga

Seni Budaya dan Hiburan

Pendidikan

Wisata

Selebrity

» » Ketua LMK Kelurahan Ancol, Drs Sukirno Turut Benahi Kelurahan Ancol Menuju Kota Sehat’

Drs Sukirno 
Jakarta, Laras Post – Ketua Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK)  Kelurahan Ancol Kecamatan Pademangan, Kota Administrasi Jakarta Utara, Drs Sukirno mengatakan, sebagai tindak lanjut program tahunan, dengan pelaksanaan Kota Sehat yang digagas Pemrov DKI Jakarta, untuk tahun 2017 ini Kelurahan Ancol, pihaknya bersama seluruh unsur masyarakat dan steak holder giat melaksanakan musyawarah dan persiapan.

“Diharapkan Kelurahan Ancol dapat menjadi titik pantau penilaian Adipura dan Adiwiyata serta wilayah percontohan mewakili Jakut, sebagai kota sehat pada lomba kota sehat Maret mendatang,” ujar Drs Sukirno, kepada Laras Post, belum lama ini, di ruang kerjanya.

Ia menyebutkan, dalam rangka persiapan, pihaknya membahas petunjuk-petunjuk teknis, serta musyawarah membahas program kawasan pemberdayaan dalam rangka kota sehat yakni pelabuhan sebagai pariwisata.

Menurut Sukirno, pembenahannya cukup kompleks dan dibutuhkan keseriusan serta kesabaran, dalam melaksanakan Program 5 tertib, diantaranya tertib PKL (pedagang kaki lima), sampah dan pemukiman. 

“Untuk PKL sendiri kami telah membuatkan progam kiosnisasi berderet dan tendanisasi berderet yang diterapkan di 7 titik lokasi pedagang di Ancol Barat,’’ kata Sukirno

Di samping itu menurutnya, berdasarkan Pergub Nomor 10 tahun 2015 Tentang Penataan PKL harus ditertibkan dulu baru ditata bukan sebaliknya. “Penataan inipun dilakukan secara swadaya mandiri dan gotong royong oleh masyarakat sekitar namun diperlukan sosialisasi antara para pedagang dengan musyawarah untuk mencari mufakat,’’ujarnya.

Untuk sisi kebersihan dan keindahan lingkungan ada program potinisasi dan system pengelolaan sampah, telah disediakan bak-bak sampah disetiap RT, untuk kemudian diangkut oleh petugas gerobak sampah pengelola lolahan pembuangan sampah (LPS).

“Kita mendapat kerjasama dan bantuan dari PMI (Palang Merah Indonesia) Jakarta Utara dan PMI Amerika berupa pendampingan selama 1 tahun untuk program lingkungan dan RTH (Ruang Terbuka Hijau) taman taman di lokasi pemukiman,” ungkapnya.

Sebagai Tokoh masyarakat yang dikenal ramah cerdas dan agamis sosok Drs. Sukirno turut aktif diberbagai kegiatan kemasyarakatan, pernah menjabat sebagai Ketua RT, RW, LKMD dan Ketua LMK hingga saat ini   pihaknya bekerjasama dengan RT/RW selaku mitra kelurahan. “Didasari motivasi pangilan hati nurani kami menampung berbagai aspirasi masyarakat dan mendiskusikanya guna mendapatkan solusi terbaik bagi masyarakat,’’jelasnya.

Ia menghimbau dan kembali mengajak seluruh masyarakat lingkungan Kelurahan Ancol agar tetap menjaga kepedulian  kebersihan terhadap lingkungan dan terus berperan aktif mendukung seluruh program Pemda DKI Jakarta.

Dikatakan Drs. Sukirno, pihaknya juga berupaya menanggulangi banjir dengan membersihkan sampah yang menyumbat saluran air atau got, dengan memberdayakan petugas kebersihan yang ada dimasing-masing RW. 

Lebih lanjut ia menhharapkan,  beberapa RW  mengambil aksi peduli kebersihan, dan berkoordinasi dengan para RT setempat saat saat kegiatan melibatkan masyarakat. (ALEXT)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda