sponsor

sponsor
Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Polkam

Agraria

Polkam

Megapolitan

Bisnis

Hukrim

Laras Jatim

Olah Raga

Regional

Seni Budaya dan Hiburan

Laras Jatim

Kesehatan

» » Kodim 0818 Selenggarakan Uji Terampil Perorangan (UTP) Tingkat Kodim




Malang, Laras Post - Bertempat di Stadion Luar Kanjuruan Kec.Kepanjen Kodim 0818 wilayah Kab.Malang dan Kota Batu menyelenggarakan UTP (Uji Trampil Perorangan) tingkat Kodim 0818, Selasa 7/3/2017.

UTP ini diselenggarakan dalam rangka menguji kemampuan prajurit Kodim 0818 wilayah Kab.Malang dan Kota Batu dalam melaksanakan tugas sesuai dengan pangkat dalam rangka melaksanakan tugas pokok satuan serta diperoleh suatu data yang valid tentang pemahaman dan penguasaan prajurit terhadap pengetahuan dan ketrampilannya untuk kepentingan pembinaan personil dan pembinaan latihan kegiatan ini dilaksanakan selamat tiga hari kedepan dimuai tangal 7 sd tanggal 9 Maret 2017.

Kegiatannya meliputi pelaksanaan uji trampil perorangan umum, dengan kegiatan dibagi menjadi 7, Pos 1 pengujian materi militer umum pos 2 niksarpur, pos 3 ilmu medan, pos 4 pengetahuan senjata materi umum, Pos 5 teritorial, pos 6 hukum humaniter, pos 6 longmalap dan pos 7 komunikasi tingkatan kecapan 3 sd kecakapan 7 yaitu pangkat pratu praka sd peltu.

UTP ini berpedoman pada Buku Petunjuk Umum Prajurit (BPUP) dari tingkat kecakapan 3 s/d tingkat kecakapan 7 dimana semua tingkat kecakapan tersebut diperuntukkan bagi para Bintara dan Tamtama, dan BPUP tersebut merupakan buku petunjuk standarisasi yang dikeluarkan oleh Mabesad guna menjamin kesamaan penguasaan materi perorangan.  Perserta UTP adalah anggota staf Kodim dan anggota Koramil yang berpangkat bintara dan tamtama.  Selaku penguji adalah para Danramil jajaran Kodim 0818 wilayah Kab.Malang dan Kota Batu dengan materi UTP yang sudah disiapkan Staf Operasi yang di Koordinatori Kapten Czi Supaat Adapun uji ketrampilan setiap tingkatan materinya tidak sama. Sebagai contoh untuk bintara antara lain tentang tata cara berkoordinasi. 

Saat ujian peserta akan ditanya bagaimana cara merencanakan, menyiapkan tempat dan waktu serta menentukan dengan siapa akan berkoordinasi. Guna menambah dan meningkatkan keterampilan prajurit satuan Komando kewilayahan, maka materi UTP ditambahkan dengan berbagai persoalan yang sering terjadi diwilayah tugasnya, seperti antisipasi penanggulangan bencana, keterampilan yang bersifat aplikatif sesuai tantangan tugas yang dihadapi satuan.(her,sg/pen)                        

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Silahkan berikan komentar anda