sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Pendidikan

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Kupas Nasionalisme Di Forum Intelijen Daerah




Malang, Laras Post - Paradigma kebangsaan menjadi materi yang disampaikan oleh Danrem 083/Bdj dalam forum pembekalan Kominda (Komunitas Intelijen Daerah) di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kota Malang dengan tema “Nasionalisme dalam menghadapi era globalisasi”, Selasa, 7/3/17.

Menggugah kembali semangat patriotisme dalam bingkai negara kesatuan republik Indonesia merupakan modal utama yang harus dimiliki oleh setiap warga negara sebagai upaya menjaga kedaulatan bangsa dan negara dari segala bentuk ancaman dan gangguan. Diawali dengan suguhan sebuah lagu yang berjudul “Indonesia Pusaka” pada tayangan slide, Kolonel Arm. Budi Eko Mulyono mengatakan saat ini banyak instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah yang kurang mau menggugah nasionalisme melalui lagu-lagu kebangsaan.

Sejarah Indonesia pada era Hindu kuno yang masih terdiri dari bermacam kerajaan dengan Majapahit sebagai kerajaan terbesar hingga pada era perjuangan merebut kemerdekaan melawan penjajahan bangsa asing dipaparkan oleh Danrem 083/Bdj dalam pembekalan aparat intelijen tersebut. Lebih lanjut dikatakannya jangan sampai nasionallisme generasi penerus tergantikan dengan ideologi yang bertentangan dengan jiwa bangsa Indonesia dan pada kenyataannya kesetiaan pada bangsa dan Negara memang akan menghadapi berbagai godaan.

Tantangan dalam menjaga nasionalisme menghadapi potensi gangguan yang besar terkait dengan globalisasi. Perkembangan dari teknologi, telekomunikasi dan transportasi menjadi penyumbang terbesar yang mempengaruhi cara berpikir manusia saat ini. Perjalanan revolusi dalam setiap negara untuk menjaga eksistensinya dalam percaturan dunia akan selalu membawa dampak yang membahayakan. Rivalitas super power untuk menguasai sumber energi, pangan dan mengendalikan perekonomian menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pada kenyataannya memang dari banyak aspek bahwa Indonesia memiliki segala macam yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia, lanjutnya.

Konspirasi yang timbul dari dampak kompetisi itulah yang penting untuk dicermati oleh aparat intelijen secara bersama-sama. Sebagai aparat intelinjen penting sekali membangun sinergitas yang solid untuk menangkal upaya perpecahan bangsa dengan upaya deteksi dini terhadap berbagai isu yang berkembang“,ungkapnya. Ancaman komunisme, radikalisme serta penyalahgunaan narkoba menjadi isu krusial dewasa ini di Indonesia sebagai kenyataan terhadap penguasaan wilayah Indonesia.

Dengan adanya forum pembekalan aparat intelijen ini diharapkan untuk ditindaklanjuti dengan membangun soliditas tugas secara berkesinambungan terus menerus demi menciptakan stabilitas wilayah. Bersatu dalam visi dan misi pada tugas tersebut akan memberikan daya tangkal yang kuat menghadapi upaya penghancuran. 
Smart Attack atau serangan pintar menjadi salah satu topik bahasan Danrem 083 dengan berbagai macam bentuknya seperti produk makanan modern, gaya hidup, fashion, film, visualisasi fantasi serta perkembangan filosofi ideologi yang membuahkan polemik atau ketidakyakinan dan semua itu berpotensi menjadi bibit konflik.

Selain itu Danrem 083/Bdj juga mengharapkan agar kegiatan yang berlangsung selama 5 (lima) hari ini memberikan dampak yang signifikan kepada insan intelijen yang ada di wilayah Kota Malang dalam meramu berbagai permasalahan yang ada untuk diselesaikan secara bersama-sama. (her,sg/pen)  


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda