sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Megapolitan

Polkam

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

Bisnis

LARAS JATENG

Olah Raga

Seni Budaya dan Hiburan

Pendidikan

Wisata

Selebrity

» » Pesawat Latih Grob Insiden di Lanud Adi Soemarmo


Solo, Laras Post - Pesawat Latih Dasar TNI AU dari Skadron Pendidikan (Skadik) 101 Lanud Adi Sucipto jenis G 120 TP-A Grob dengan nomor registrasi LD 1201 mengalami insiden di Lanud Adi Sumarmo Solo, Kamis (2/3).

Insiden tersebut terjadi di ujung runway 26 saat pattern melaksanakan latihan take off landing. Setelah pesawat mendarat yang kelima dan kemudian persiapan take off kembali, tiba-tiba roda depan terlipat keatas yang menyebabkan pesawat keluar dari runway.

Penerbang pesawat Latih Dasar LD-1201 yang mengalami musibah ini atas nama Mayor Pnb Yulianto Nurcahyo sebagai instruktur dan Letda Andika Airlangga Bima Yoga sebagai siswa dari Sekbang (Sekolah Penerbang) TNI Angkatan 93 tidak mengalami cedera, sedang pesawatnya rusak ringan., hanya kerusakan pada nose wheel saja. 

Kronologis kejadian tersebut adalah pada pukul 08.12 Wib pesawat Grob LD-1201 yang dipiloti Mayor Pnb Yulianto Nurcahyo (Jupiter 755) dan Siswa Letda Andika Erlangga Bima Yoga take off melaksanakan training.

Pada pukul 08.49 wib di ujung runway 26 depan fillet 3 Lanud Adi Soemarmo setelah pesawat landing yang ke 5 dan kemudian persiapan akan take off kembali, nose wheel pesawat terlipat keatas sehingga terjadi insiden.  Saat ini tim Panitia Penyidikan Kecelakaan Pesawat Udara (PPKPU) TNI AU sedang mengadakan  penyelidikan dan mendalami atas kejadian tersebut.

Pesawat Latih  Dasar jenis G 120TP-A Grob adalah buatan Grob Aircraft Jerman, datang ke Indonesia secara bertahap,  batch  pertama dua gelombang yaitu tahun 2013 sebanyak 10 pesawat dan tahun 2014 sebanyak 8 pesawat.   Berikutnya batch kedua satu gelombang tahun 2015 sebanyak 6 pesawat.   Pesawat latih tersebut ber-home base di Skadron Pendidikan (Skadik) 101 Lanud Adi Sucipto Yogyakarta. (sg, pen)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda