sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Agraria

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Peristiwa

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

INFO BOLA

» » Apel Gelar Ketahanan Pangan Kodim 0818



Malang, Larast Post - Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0818 wilayah Kab.Malang dan Kota Batu Mayor Inf Budi Santoso Pimpin Apel Gelar Ketahanan Pangan Kodim 0818 di Lapangan Dsn.Leban Da.Tawangargo Kec.Karangploso kab.Malang, Selasa 9/5/2017.

Dalam rangka Pembinaan/Penyuluhan Teknologi Katahanan Pangan (Hanpangan) Jajaran Kodim 0818 wilayah Kab.Malang dan Kota Batu mengadakan Apel Gelar Hanpangan yang dipimpin langsung oleh Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0818 Mayor Inf Budi Santoso yg diikuti oleh 200 orang.

Adapun yang hadir dalam giat tersebut antara lain: Pabung Kodim 0818 Mayor Inf Budi Santoso, Ka.UPT Proteksi Tanam Prop. Jatim, Ir.Ali Sonani, Kepala Lab.TPHP Pasuruan, Ir. Siswo Polandono, Ka Bapeda Kab Malang, Ir. Tony, Kadistan Kab Malang, Ir. Nasri, Kadishan Pangan Kab Malang, Ir. Agus, Muspika Kec Karangploso
Pasiter Kodim 0818 Kapten Arm. Heru, POPT Prop. Jatim, M. Nurhadi Sp, Mantri Tani Kec Karangploso, Teguh Widodo SE.

Dalam sambutannya Pabung Kodim 0818 Mayor Inf Budi Santoso menyampaikan Negara Indonesia sebenarnya sangat menjanjikan kehidupan yang layak dalam hal penyediaan pangan, namun yang menjadi permasalahan saat ini adalah masih besarnya ketergantungan Negara kita pada komoditi pangan dari Negara tetangga, Contohnya beras yang merupakan bahan pokok sehari hari sebagian besar rakyat Indobesia masih diperoleh dengan inpor.

Ada 4 komponen utama dalam ketahanan pangan yang perlu menjadi perhatian khusus :

1). Kebutuhan pangan terpenuhi.
2). Kestabilan persedian pangan dari musim ke musim tanpa terjadinya fluktuasi/penaikan ataupun bahkan penurunan.
3). Harga pangam yang dapat dijangkau oleh setiap lapisan masyarakat sehingga dapat dirasakan merata oleh masyarakat.
4). Kualitas dan keamanan mutu pangan yang baik serta dapat dikonsumsi

Lebih lanjut Mayor Inf Budi Santoso menyampikan Program ketahanan pangan tidak hanya melibatkan kementrian pertanian akan tetapi juga menggandeng TNI khusunya angkatan Darat. TNI AD telah mengambil peran proaktif dalam mendukung ketahanan pangan. Dengan terwujudnya katahanan pangan yang kokoh diharapkan dapat memperkuat ketahanan Nasional yang tangguh di Negara Kesatuan Tepublik Indonesia.

Diakhir sambutannya Pabung Kodim 0818 menyampaikan Upaya percepatan dan pencapaian pangan akan dapat berhasil dengan melihat beberapa aspek sbb :

1). Aspek Satkowil.
2). Partisipasi kelompok tani sangat tinggi
3). Petani juga diberi bantuan alat pertanian
4). Kamanunggalan TNI dengan rakyat

Dilanjutkan dengan Penyerahan bibit secara simbolis oleh Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0818 ( Mayor Inf Budi Santoso ) kepada perwakilan serta dilanjutkan dengan Penanaman masal pohon Revojia oleh seluruh peserta apel dengan diawali oleh Pabung Kodim 0818, Kadistan Kab. Malang, Kadishan Pangan Kab. Malang dan Muspika Karangploso.

Sedangkan Anggota Koramil dan kelompok tani dibagi menjadi 3 kelompok, untuk menerima materi Bintek/Penyuluhan yang disampaikan oleh Ir. Siswo Polandono dan M. Nurhadi Sp dengan materi cara pembuatan Pupuk padat dan cair, dilanjutkan Pengetahuan tentang kelembagaan perlindungan tanaman di lapangan dengan pemateri Ir. Suhartono, Cara Pembuatan Pestisida Nabati, dengan pemateri Ediyanto (Poktan ), Pengetahuan budidaya tanaman padi di dalam botol Aqua, dengan pemateri Busiri (her,sg/pen)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda