sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Agraria

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Peristiwa

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Monev RTR Sebagai Upaya Mengawal Implementasi Program

Turut berpartisipasi dalam memberikan masukan maupun informasi terkait program atau isu strategis dari masing-masing kota/kabupaten terkait
Medan, Larast Post – Focus Group Discussion, Monitoring dan Evaluasi Implementasi Rencana Tata Ruang (RTR) KSN Mebidangro, dapat memberikan masukan pelaksanaan Peninjauan Kembali (PK) RTR yang dilakukan lima tahun sekali.

Direktur Pemanfaatan Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang Dwi Hariyawan mengatakan, Monitoring dan Evaluasi (Monev) Implementasi Rencana Tata Ruang (RTR) merupakan serangkaian kegiatan, sebagai upaya untuk mengawal implementasi program yang ada di dalam RTR. 

Sesuai dengan Undang-Undang No. 26/2007 tentang Penataan ruang dan Peraturan Pemerintah No. 15/2010 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang mengamanatkan bahwa peninjauan kembali terhadap RTR dilakukan secara rutin lima tahun sekali dan dilakukan di luar dari waktu rutin apabila dalam kondisi lingkungan strategis tertentu. 

“Proses pelaksanaan peninjauan kembali dilakukan melalui kegiatan pengkajian, evaluasi, dan penilaian terhadap rencana tata ruang dan penerapannya,” ujar Dwi Hariyawan saat kegiatan Focus Group Discussion, Monitoring dan Evaluasi Implementasi RTR KSN Mebidangro, belum lama ini, di Hotel Le Polonia Medan.

Kawasan Perkotaan Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo (Mebidangro) ditetapkan sebagai salah satu KSN sehingga perlu diprioritaskan penataan ruangnya. Studi kasus yang dilakukan dalam kegiatan monev implementasi tahun ini dilakukan terhadap RTR KSN Mebidangro yang telah ditetapkan dengan peraturan presiden No. 62/2011. 

“Monev dilakukan untuk melihat seberapa jauh kesesuaian implementasi program dilapangan dengan program di dalam RTR KSN Mebidangro, “ terang Dwi Hariyawan. 

Menurutnya, hasil kegiatan monitoring dan evaluasi implementasi RTR KSN ini dapat menjadi masukan untuk pelaksanaan Peninjauan Kembali (PK) RTR yang dilakukan lima tahun sekali. 

Pada kesempatan yang sama Kepala Seksi Pemanfaatan KSN Wilayah 1A, Fransisca Weni Tyas mengungkapkan, contoh hasil perhitungan monitoring implementasi RTR KSN terkait Program Sektor Perhubungan. 

Tyas menyatakan, sebagian besar program sektor belum sinkron dengan program di dalam RTR KSN. Hasil analisis monitoring struktur ruang terkait Program Kementerian Perhubungan menunjukan bahwa sebagian besar program di dalam RTR KSN belum sinkron dengan program sektor. Hal tersebut akan menjadi input proses evalausi terkait faktor-faktor yang menyebabkan ketidaksesuaian program sektor dengan program di dalam RTR KSN Mebidangro.

Kepala UPTD Aplikasi, Informasi, dan Geospasial, Poppy M. Hutahalung mengungkapkan, beberapa isu strategis di Kawasan Perkotaan Mebidangro. Salah satu isu strategis yang menghambat implementasi program adalah pemasalahan kepemilikan lahan.

“Dari beberapa isu-isu strategis di kawasan perkotaan Mebidangro, permasalahan kepemilikan lahan menjadi salah satu faktor penghambat terbesar dalam upaya implementasi program di Kawasan Perkotaan Mebidangro,” tegasnya.

Pada kegiatan ini, juga dijabarkan program-program yang sudah maupun sedang dilakukan oleh beberapa instansi yang menjadi narasumber dalam pelaksanaan FGD ini. 

Adapun narasumber yang hadir dalam acara ini meliputi beberapa instansi yaitu Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera II, Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Sumatera Utara, serta akademisi UGM Retno Widodo Dwi Pramono,  turut memberikan masukan terkait metode monitoring dan evaluasi implementasi program RTR yang telah dibangun. 

Peserta yang hadir dalam acara ini, perwakilan dari beberapa instansi kota/kabupaten yang masuk dalam wilayah delineasi Kawasan Perkotaan Mebidangro. (her, sg, ram)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda