sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

Bisnis

LARAS JATENG

Seni Budaya dan Hiburan

Pendidikan

Selebrity

Olah Raga

Update Hasil Pertandingan Piala Dunia 2018

Klasemen Piala Dunia 2018

» » Sudah Tahukah Anda mengenai Pesantren Konservasi?

Peserta pesantren konservasi photo bersama para pembimbing.
Jakarta, Larast Post - Dewasa ini, konservasi menjadi upaya yang banyak dilakukan oleh berbagai pihak. Kali ini, datang dari pihak pondok pesantren. 

Tim mahasiswa Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKMM) dari Institut dengan judul Pesantren Konservasi mengadakan lokakarya yang bertajuk "Aplikasi Pesantren Konservasi menuju Kemandirian Pakan" pada Senin (22/5/2017) beberapa waktu lalu).  

Pada kesempatan tersebut hadir perwakilan-perwakilan dari pondok pesantren yang berlokasi di wilayah kampus serta staf dari Departemen Agama Kabupaten Bogor bagian pembinaan Pondok Pesantren Bogor. Acara itu berlangsung penuh antusias dari peserta.

Dalam lokakarya ini, tim PKMM Pesantren Konservasi memaparkan mengenai kegiatan Pesantren Konservasi di Pondok Pesantren Darul Fallah.  PKMM Pesantren Konservasi merupakan wujud kepedulian mahasiswa pada lingkungan, baik sosial maupun alam, dengan menggandeng pondok pesantren yang berlokasi di wilayah kampus Kampus IPB untuk bersama-sama menjaga lingkungan dengan pemanfaatan lahan kurang produktif dengan tanaman pakan. Pemaparan dilanjutkan dengan pemutaran film dokumenter kegiatan yang telah dilaksanakan.

Pemaparan yang disampaikan mengenai pelaksanaan program yang dilaksanakan di Pesantren Pertanian Darul Falah merupakan pionir dari Pesantren Konservasi. Hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan akan menjadi fokus untuk membentuk desain Pesantren Konservasi yang dapat diterapkan pada berbagai pesantren di berbagai daerah di Indonesia. Selain untuk menciptakan pesantren berbasis lingkungan, Pesantren Konservasi juga membantu mengembangkan sumber daya manusia yang mampu bersaing dari segi ilmu pengetahuan dan ekonomi. 

Acara berlangsung dengan penuh antusias dari peserta. Beberapa peserta perwakilan pesantren sangat berharap kegiatan ini dapat juga dilaksanakan di area pondok pesantrennya. Hal ini karena kegiatan PKMM Pesantren Konservasi ini dapat sangat bermafaat untuk pondok pesantren, bukan hanya dari segi lingkungan namun juga dapat menjadi bagian dari pendidikan kemandirian siswa pesantren.  Pada akhir acara, Dr.rer.nat. Nur Rochmah Kumalasari selaku dosen pendamping berharap kegiatan PKMM Pesantren Konservasi akan menjadi salah satu sarana pengikat antara institusi pendidikan IPB dengan pondok pesantren seputar kampus.(Yulia A)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda