sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

Bisnis

LARAS JATENG

Seni Budaya dan Hiburan

Selebrity

Pendidikan

Olah Raga

Jadwal PD 2018

Update Hasil Pertandingan Piala Dunia 2018

Klasemen Piala Dunia 2018

» » Geliat Pembangunan Desa Cidokom

Kepala Desa Cidokom. Saim Saputra,SE, 
Bogor. Larast Post - Desa Cidokom Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor, setelah dipimpin oleh Saim Saputra,SE, dalam kurun tiga tahun lebih telah banyak perubahan.

Dahulu Desa Cidokom memiliki jalan kampung sebanyak 7 titik, itu pun masih sederhana, hanya 3 titik yang tampak lumayan yakni, Jalan Kampung Cidokom, Jalan Baiturahim, dan Jalan Kampung Batu Tapak. Dulu ketiga jalan itu dibangun lewat PNPM Mandiri, kini kondisi ketiga jalan tersebut sudah rusak, namun melalui Dana Desa  satu jalan yakni, Jalan Batu Tapak dapat diperbaiki.

Selama tiga tahun kepemimpinan Saim, Desa Cidokom sudah memiliki jalan kampung sebanyak sebelas titik. Sejak kepemimpinannya Kades yang dicintai warganya ini terus bekerja keras membangun desa Cidokom, terlebih sejak bergulirnya bantuan Dana Desa, pihak nya kini telah merehab sebuah Taman Pamakaman umum(TPU), dengan nilai total anggaran sebesar Rp. 120 juta. “Dari 120 juta rupiah itu terbagi atas Dana Desa sebesar 66 juta rupiah, dan sisanya hasil swadaya masyarakat,” jelas Saim.

Kades Saim juga menuturkan, selain rehab TPU, Desa Cidokom juga telah membangun Posyandu dengan anggaran sebesar 115 juta rupiah hasil swadaya masyarakat serta bantuan dari  Dana Desa sebesar 75 juta rupiah.

Kecintaan dan semangat membangun desanya tampaknya sudah menjadi bagaikan hidup Kades satu ini, hal ini juga yang membawa semangat dalam membuat Tugu batas desa yang dibangun disisi antara Desa Cidokom dan Desa Cibentang serta Tugu perbatasan Desa Cidokom dan Desa Waru Kecamatan Parung- Bogor. 

Kades Cidokom juga Menguraikan bahwa Dana Desa tahun 2016 tahap dua telah digunakan untuk pembangunan jalan Batu Tapak -Cidokom dengan biaya sebesar 148 juta rupiah dan pembangunan PAUD dengan biaya sebesar 90 juta rupiah serta membangun dua titik saluran air.

Dijelaskan oleh Saim, pihaknya dalamnya waktu dekat ini secara swadaya akan membangun jalan baru dari RW 02 ke RW 04. ”Itulah beberapa sarana infrastruktur desa yang telah atau baru kami rencanakan pembangunannya. semua itu bisa terwujud berkat  swadaya masyarakat serta Dana Desa juga bantuan provinsi dan kabupaten,” ujarnya.

2 Tahun Cidokom Dapat 70 Unit Rutilahu
Pembangun Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Desa Cidokom, seakan menjadi bukti keberhasilan seorang Siam Saputra sebagai pemimpin di Desa Cidokom dalam meningkatkan kesejahteraan warganya.  Sejak kepemimpinannya kurang lebih dalam kurun 2 tahun Desa Cidokom telah mendapatkan bantuan program Rutilahu sebanyak 70 unit. Alhasil sebanyak 70 rumah warga yang masuk dalam kategori tidak layak huni saat ini semuanya telah direhab menjadi rumah layak huni. 

Salah satu warga Desa cidoKom  Hasan yang rumahnya mendapat program Rutilahu merasa bersyukur dan berterimakasih kepada Pemda Bogor terlebih secara khusus kepada kepala desa Cidokom yang telah bekerja keras dalam membangun dan mensejahterakan desa dan warganya. 

“Kami sangat bangga terhadap Kades kami yang telah dengan sungguh sungguh memperhatikan rumah kami, yang dulu tidak layak huni sekarang setelah direhab kondisinya jadi beda nyaman untuk ditempati,” ujar Hasan. 

Pada tahun anggaran 2017 baik dana desa maupun program rumah tidak layak huni  baru untuk tahap pertama dikucurkan sekarang  dalam pengerjaan untuk dana desa diperuntukan untuk jalan Ciberes betonisasi sepanjang 660 M dan lebar 3 M serta ketebalan 15 cm dengan sumber DD sebesar Rp.340 juta lebih. Drenase air sepanjang 300 M Jalan Melati menuju Kampung Batu Tapak serta rumah tidak layah huni baru turun 50 unit tahap pertama dalam pengerjaan. (ams/rum)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda