sponsor

sponsor
Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Nasional

Polkam

Karikatur_Kementerian ATR/BPN RI Redistribusi Tanah Pada 2018


Bisnis

Megapolitan

Agraria

Laras Jatim

Regional

Olah Raga

Hukrim

Seni Budaya dan Hiburan

Kesehatan

» »Unlabelled » Kasau Pimpin Upacara Ziarah di Monumen Ngoto

KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin upacara Ziarah di Monumen Perjuanagan TNI AU

Bantul, Larast Post - KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin upacara Ziarah di Monumen Perjuangan TNI Angkatan Udara Ngoto, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Kamis (28/7/2017). 

Acara tersebut digelar dalam rangka Hari Bhakti Angkatan Udara ke 70 Tahun 2017 yang terpusat di Yogyakarta.

Turut hadir para perwira tinggi TNI AU, sejumlah mantan KASAU serta para hadirin baik dari perwakilan negara sahabat dan para undangan lainnya.

Usai memimpin upacara KASAU Hadi Tjahjanto menabur bunga pada makam pahlawan itu yang diikuti mantau Kasau dan para hadirin.
KSAU Menaburkan Bunga ke Manumen Perjuanagan TNI AU  Ngoto Bantul
Disebutkan, dalam komplek monumen perjuangan tersebut terdapat makam Pahlawan Nasional TNI AU yakni Marsekal Muda Anumerta Agustinus Adisutjipto dan Marsekal Muda TNI Anumerta Prof. dr. Abdulrachman Saleh berikut makam istri masing-masing.

Pada kesempatan itu, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, Pendiri TNI AU telah rela mengorbankan jiwa dan raga untuk berdirinya TNI Angkatan Udara. 

"Aksi heroik pejuang penerbang ini harus diteladani oleh para generasi penerus dan melanjutkan perjuangan demi tetap tegaknya NKRI dan TNI Angkatan Udara,” ucap Hadi Tjahjanto saat memberikan keterangan pers.

Para acara yang berlangsung khidmat tersebut dihadiri Wagub Lemhanas, sejumlah mantan Kasau dan para undangan.

Hadir pula sejimlah pejabat TNI AU diantaranya, Gubernur AAU, Danlanud Adisutjipto, dan pejabat lainnya. Ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, doa bersama, dan tabur bunga.

Sekilas Tentang museum Ngoto
Kedua pejuang penerbang TNI AU itu adalah Agustinus Adisutjipto dan Abdulrachman Saleh gugur dalam peristiwa ditembaknya pesawat Dakota VT-CLA oleh pesawat P-40 Kitty Hawk Belanda pada 29 Juli 1947. 

Pesawat Dakota VT-CLA terbang dari Singapura menuju Pangkalan Udara Maguwo membawa bantuan obat-obatan dari Palang Merah Malaysia untuk Palang Merah Indonesia. Akibat serangan pesawat Kitty Hawk tersebut, pesawat VT-CLA jatuh di Desa Ngoto, Kabupaten Bantul. Peristiwa ditembakjatuhnya pesawat VT-CLA, diperingati TNI AU sebagai Hari Bhakti TNI Angkatan Udara.

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 071/TK/TH/1974 tanggal 9 September 1974, Marsekal Muda TNI Anumerta Agustinus Adisutjipto dan Marsekal Muda TNI Anumerta Prof. dr. Abdulrachman Saleh dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional. (Sg, ram)



«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Silahkan berikan komentar anda