sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Pendidikan

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Program PTSL Terancam Mandeg

Ketua Umum  NCW. C. Herry SL
Jakarta, Larast Post – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), terancam tak capai target. Pasalnya sejumlah lurah dan kepala desa enggan mendukung program Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) itu, karena ketiadaan anggaran dan takut ditangkap tim Sapu bersih (Saber) Pungli, jika mengutip biaya.

Sementara itu, nota kesepahaman antara Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), serta Menteri ATR/BPN, yang menyepakati pemerintah daerah bisa mengalokasikan dana pendamping pelaksanaan PTSL, belum dapat terlaksana pada tahun ini, karena APBD tahun 2017 sudah berjalan.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Network for Corruption Watch (NCW) C. Herry SL mengatakan, hal itu terjadi akibat kurangnya koordinasi antar kementerian dalam merencanakan program nasional yang melibatkan sejumlah kementerian.

“Seharusnya sebelum melaksanakan program PTSL, Kementerian ATR/BPN melakukan koordinasi dengan Kemendagri, agar memerintahkan pemerintah daerah untuk mengalokasikan dana pendamping PTSL dalam APBD bagi kelurahan dan desa,” ujarnya,  kepada Larast Post, pada Sabtu (8/7/2017) di kantornya di bilangan Jakarta Timur. 

Lebih lanjut C Herry menjelaskan, dalam melaksanakan PTSL, pemerintah pusat hanya mengalokasikan biaya pengukuran dan pembuatan sertipikat. Sementara itu, sebelum pengukuran dalam pembuatan sertipikat, diperlukan patok, materai, pendampingan dan surat pendukung lainnya. “Nah, pengadaan patok, materai, pendampingan dan surat-surat pendukung lainnya, te  ntunya ada biaya yang harus dikelurkan masyarakat pemohon sertipikat,” terangnya.

C Herry juga menyesalkan, sejumlah aparat kelurahan dan desa di beberapa daerah ditangkap tim Saber Pungli terkait Pungli pada pelaksanaan PTSL. “Hal ini tidak perlu terjadi, jika koordinasi antar kementerian dan lembaga dalam mensukseskan program PTSL, berjalan dengan baik,” pungkasnya. (tim)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda