sponsor

sponsor
Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Nasional

Polkam

Karikatur_Kementerian ATR/BPN RI Redistribusi Tanah Pada 2018


Bisnis

Megapolitan

Agraria

Laras Jatim

Regional

Olah Raga

Hukrim

Seni Budaya dan Hiburan

Kesehatan

» » Upacara Peringatan Hari Bhakti TNI AU Ke 70 Berlangsung Khidmat

Kasau Marsekal Hadi Tjahjanto ketika berbincang bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X usai melaksanakan upacara Peringatan Hari Bakti TNI AU ke 70 di lapangan AAU, Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta.
Yogyakarta, Larast Post - Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin secara langsung Upacara Hari Bhakti Angkatan Udara Ke 70 tahun 2017 yang dihadiri jajaran pejabat TNI AU, Prajurit TNI AU dan para undangan.

Pada kesempatan itu, Kasau mengatakan upacara peringatan Hari Bhakti ke 70 ini merupakan dedikasi tinggi untuk para pejuang AURI yang telah berhasil memborbardir Tangsi Militer Belanda di Ambarawa, Salatiga dan Semarang pada pagi buta 29 Juli 2017 silam. "Keberhasilan para pejuang muda ini disambut meriah rakyat Indonesia pada masa itu, karena para pejuang pulang dengan selamat," ujar Kasau.

Kasau juga mengatakan, operasi ini merupakan operasi udara pertama AURI sejak berdiri tahun 1946 yang dilakukan dengan menggunakan pesawat peninggalan Jepang yang berhasil diperbaiki.

Namun pada sore harinya, Indonesia diliputi suasana duka yang mendalam. Sebab pada petang hari itu, pesawat Dakota VT-CLA yang membawa obat-obatan sumbangan Palang Merah Malaya untuk Palang Merah Indonesia ditembak jatuh oleh dua pesawat pemburu P-40 Kitty Hawk Belanda.

Dakota VT-CLA yang dipiloti oleh Alexander Noel Constantine saat itu tengah bersiap-siap mendarat di Pangakalan Udara Maguwo, ketika secara tiba-tiba muncul dua pesawat pemburu. Tanpa memberikan peringatan, Kitty Hawk menyerang Dakota dengan senapan mesin dan mengenai sebelah kiri pesawat. Akibatnya pesawat Dakota VT-CLA jatuh di pematang sawah Desa Ngoto, Bantul, sebelah selatan Kota Yogyakarta.

Jiwa pratriotisme itu bukti nyata loyal terhadap bangsa dan negara, sehingga dapat dijadikan Suritauladan bagi generasi penerus bangsa dan menjadikan motivasi untuk para anak bangsa agar selalu membangun bangsa ini hingga lebih baik ke depan.

Untuk itu tugas selanjutnya TNI AU yang menjaga kedaulatan Dirgantara Indonesia tantangan ke depan semakin berat dan kompleks. "Mari terus berjuang, berkarya, melakukan inovasi-inovasi guna membangun bangsa agar menjadi negara yang lebih berwibawa dimata dunia," ucap Kasau berpesan kepada seluruh Prajurit TNI AU ketika memberkan sambutan pada Upacara Hari Bhakti TNI AU ke 70.

Kasau mendedikasikan kepada para pejuang yang telah mengorbankan jiwa raga demi membela negara Republik Indonesia.

Tak hanya itu Kasau juga mendedikasikan kepada Prajurit Paskhas yang telah meraih juara menembak di Singapura. Juga aksi berani Penerbang Sukhoi yang sigap mengambil keputusan saat satu engine mati paDa Gladi Bersih HUT TNI AU ke 70 beberapa waktu lalu.

Kasau juga mendedikasikan  jajaran kohandudnas Lanud Adi Sutjtipto yang membuat propotipe radar dengan suku cadang sendiri.

Pada acara yang digelar pagi hari itu, hadir pula Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Kapolda DIY Brigjend Pol Ahmad Dofiri dan Komandan
Korem 072/PMK Yogyakarta, Fajar Setyawan, S.Ip serta para undangan baik sipil dan militer. (her, sg, ram)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Silahkan berikan komentar anda