sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Megapolitan

Polkam

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Bisnis

Seni Budaya dan Hiburan

Selebrity

» » HSP Bekasi Bersama PMI Kota Bekasi Gelar Donor Darah

Salah seorang karyawan Hotel Santika Kota Harapan Indah ketika menjadi pendonor.
Bekasi, Larast Post - Hotel Santika Premiere (HSP) Kota Harapan Indah Bekasi bekerjasama dengan PMI Kota Bekasi menggelar kegiatan donor darah di Sanggabuana Ballroom Hotel Santika Premeire Kota Bekasi pada Sabtu (26/8/17).

Acara yang digagas RS Citra Harapan itu, nampak antusias masyarakat rela mengantri untuk menjadi pendonor darah yang ditargetkan mencapai 200 kantong darah.

Disebutkan salah seorang petugas donor darah PMI Kota Bekasi, bahwa setiap peserta donor diambil darahnya 330 ml (hampir setara botol aqua).



"Dari target 200 peserta alhamdulillah sudah tercatat 175 orang yang berpartisipasi namun hanya 116 peserta yang berhasil donor," terang Manager Publication HSP Kota Bekasi Renata.

Renata menyebut acara donor darah yang digelar setiap dua kali dalam setahun itu selalu dipenuhi partisan para pendonor wilayah Kota Bekasi dan sekitarnya.

"Menjadi pendonor darah merupakan perbuatan yang mulia karena bermanfaat untuk orang lain. Kami berharap di kesempatan berikutnya minat masyarakat untuk mendonorkan daranya dapat lebih meningkat lagi. Dan jadikan kegiatan donor darah ini sebagai gaya hidup, demi untuk kemanusiaan," harap Renata.


Antusias masyarakat Kota Bekasi dan sekitarnya pada acara donor darah.
Pada kesempatan yang sama Dr. Desy yang bertugas pada acara donor tersebut mengatakan darah pendonor akan diambil sekitar  11%dari total volume darah bagi pendonor. Namun tak semua orang bisa mendonorkan darahnya, karena ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh si pendonor.

Syarat-syarat Pendonor diantaranya: 
  • Berumur lebih dari 17 tahun (atas pertimbangan dokter pendonor yang berumur lebih dari 60 tahun dapat menyumbangkan darahnya). 
  • Berat badan minimal 45 kg.
  • Kadar hemoglobin darah calon pendonor sekurang-kurangnya 12,5 gram/desiliter (g/dl). 
  • Tekanan darah normal berkisar antara sistole 110-160 mmHg, diastole 70-100 mmHg.
  • Denyut nadi berkisar antara 60 - 100 kali per menit, teratur, tanpa denyut patologis (nadi yang menunjukkan adanya seuatu penyakit dalam tubuh kita).
  • Jarak penyumbangan darah minimal sepuluh minggu dengan penyumbangan maksimal 5 kali dalam setahun.
  • Bagi wanita yang tidak sedang hamil atau menyusui bisa menyumbangkan darahnya enam bulan setelah melahirkan atau tiga bulan setelah berhenti meyusui. 
  • Wanita yang sedang menstruasi dapat menyumbangkan darahnya bila kadar Hemoglobinnya memenuhi syarat, biasanya sesudah hari ketiga menstruasi, di mana menstruasinya sudah tidak terlalu banyak.  
Berdasarkan data WHO, kebutuhan darah suatu negara sebesar 2% dari total populasi penduduk. Di Indonesia, kebutuhan darah nasional mencapai sekitar 4,8 juta kantong darah (termasuk komponen darah). Selain bermandaat bagi orang lain, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh si pendonor.(sugih)



Wartawan Larast Post Sugiarto turut berpartisipasi menjadi pendonor darah

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda