sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Agraria

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Peristiwa

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Selamatan Desa Rombo Wetan

Kirap seni dan budaya yang di ikuti oleh warga Rombo Wetan dan sekitarnya
Pasuruan, Larast Post – Agar desa dan warga tidak terjadi bencana, musibah dan selamat dari mara bahaya, warga Desa Rombo Wetan Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan Jawa Timur, menggelar Tegal Deso (Selamatan Desa).

Beberapa warga mengungkapkan, Tegal Deso biasa dilaksanakan setiap satu tahun sekali untuk mengingat para leluhur, agar desa dan warga tidak terkena bencana, musibah dan selamat dari mara bahaya, serta tanaman pangan, buah dijauhkan dari hama.

Tegal Deso ini dilaksanakan 2 hari 2 malam, acara pertama Istighosah dan tahlil dan acara yang ke dua dihiasi Kirab seni dan budaya yang diikuti oleh warga Rombo Wetan dan sekitarnya.

Bukan karena itu acara Tumpeng bersama yang dilombakan oleh Kepala Desa dan panitia pelaksanaan yaitu Tumpeng Raksasa.

Acara inti malam hari kedua ada Pagelaran Wayang sebagai tradisi seni dan budaya desa sebagai hiburan masyarakat Rombo Wetan dan sekitarnya.

Desa Rombo Wetan terdiri dari 6 dusun mereka antusias memeriahkan Desa nya dari Orang Tua dan Remaja untuk menunjukkan kebaktiannya terhadap leluhur. 

Kepala Desa Edi Sukwanto atau nama sapanya (Mardiana) juga memberikan suport kepada warga agar senantiasa memberikan cara berbudaya Indonesia yang baik. (Abdullah) 

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda