sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Megapolitan

Polkam

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

Bisnis

LARAS JATENG

Olah Raga

Seni Budaya dan Hiburan

Pendidikan

Wisata

Selebrity

» » Qurban Simbol Pengorbanan Seorang Hamba Kepada Allah SWT

Aslog Kasau Marsda TNI Yadi Husyadi menyaksikan penyembelihan hewan qurban di Mabesau Cilangkap, Senin (4/9)
Jakarta, Larast Post - Pada hakekatnya, Qurban merupakan salah satu ibadah yang disyariatkan bagi umat muslim di dunia. Melaksanakan Qurban sesungguhnya adalah sebuah simbol pengorbanan seorang hamba kepada Allah SWT. Makna yang tersirat dalam ibadah ini adalah pengabdian umat muslim kepada Allah SWT disertai dengan penuh keikhlasan serta memiliki jiwa berkorban untuk kepentingan Agama Allah.

Demikian dikatakan Wakasau Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja dalam sambutannya yang disampaikan Aslog Kasau Marsda TNI Yadi Husyadi pada acara penyembelihan hewan qurban di Mabesau Cilangkap, Senin (4/9).

Dikatakan, berqurban juga memiliki makna suatu kemampuan dan kemauan dari individu untuk bertindak dan berbuat kebaikan agar mendapatkan manfaat dan kemaslahatan bagi kepentingan umat serta memberikan nilai-nllai positif dan kepedulian terhadap masyarakat di sekelilingnya.

Oleh karenanya. memperingati Hari Raya ldhul Adha dan penyembelihan hewan qurban yang setiap tahun dirayakan merupakan suatu konteks peneguhan nilai kemanusiaan dan spirit keadilan, serta sebagai ungkapan rasa syukur terhadap nikmat Allah kepada hamba-Nya, sekaligus sebagai salah satu ibadah yang berdimensi sosial, juga sikap kepedulian kepada sesama yang dilandasi dengan hati ikhlas sebagai sesama umat ciptaan-Nya, ujar Wakasau.

Pada bulan Dzulhijjah ada dua momen kegiatan besar bagi umat Islam yaitu, kegiatan ibadah haji ke tanah suci Mekkah yang dilaksanakan oleh umat Islam khususnya bagi mereka yang mampu, dan tanggal 10 Dzulhijah seluruh umat Islam di dunia melaksanakan ibadah Sholat ldul Adha dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban sampai dengan hari Tasyrik yaitu tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah.

Diharapkan seluruh warga TNl Angkatan Udara untuk menghayati dan mengamalkan hakikat nilai ibadah qurban dalam mendukung peningkatan disiplin pribadi dan kinerja, guna melanjutkan dan meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan negara melalui TNI Angkatan Udara,  harap Wakasau.

Di tahun ini Mabesau melalui Masjid As Samawi menerima sebanyak 28 hewan qurban yaitu 16 sapi dan 12 kambing. Daging qurban tersebut dibagikan kepada personel Tamtama dan Aparat Sipil Negara (ANS) serta warga disekitar Mabesau. (sg, pen)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda