sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Pendidikan

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » RM Padang Merdeka Hadir Di Kota Tua

Jakarta, Larast Post - Kota Tua merupakan kota sarat sejarah yang banyak diminati wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Namun siapa sangka di Kawasan itu terdapat Rumah Makan Padang Merdeka yang terkenal dengan cita rasa masakan Padang yang nikmat.

RM Padang Merdeka memiliki konsep desain interior yang khas dengan mengangkat keragaman budaya Indonesia, patriotisme serta nasionalisme yang menjadi daya tarik salah satu wisata kuliner di Jakarta Barat.

Padang Merdeka berdiri sejak 30 Maret 2017, disusul dengan Grand Opening pada 16 Agustus 2017 lalu sekaligus bersamaan dengan pembukaan pameran foto Salut Bagi Indonesia, hal ini diungkapkan Anita Handayani selaku Public Relation Padang Merdeka saat ditemui di RM Padang Merdeka, pada Jumat (01/09/2017).

Anita bercerita mengenai konsep awal dari RM Padang Merdeka yang berdiri di bangunan yang berumur hampir 100 tahun, memiliki nilai sejarah, dan merupakan salah satu saksi bisu dari banyak peristiwa di masanya. Karena gedung ini pun merupakan tipe A, maka Padang Merdeka tidak boleh merubah tampilan luar gedung, semua harus sesuai dengan aslinya. Lokasinya yang berada diantara gedung bersejarah lainnya di area Kota Tua antara lain seperti Museum Fatahillah dan Stasiun Kota. Padang Merdeka pun merangkul interior desainer lokal untuk mengangkat konsep nasionalisme serta keragaman budaya Indonesia.

Interior RM Padang Merdeka antara lain, dimulai dari mural Bapak Bangsa saat masuk dari pintu utama; di mana Padang Merdeka ingin memperlihatkan Bapak-bapak bangsa yang telah menaruh dasar/pondasi berdirinya NKRI. Tak ketinggalan lukisan para tokoh pahlawan kemerdekaan dari berbagai suku yang tergantung anggun di ruangan yang sama.

Selain itu, langit-langit rumah makan terpasang instalasi yang terbuat dari rotan sintetis yang bermotifkan parang dari batik Jawa serta beberapa bagian dari dinding yang dilapisi oleh kain songket dari Padang. Tidak ketinggalan berbagai motif batik Jawa yang diinterpretasikan dalam instalasi kayu dengan tehnik laser-cut di beberapa bagian dinding atas yang semakin mempercantik ruangan.

Lorong instragamable antara smoking dan non-smoking area menuju ruangan non-smoking, terdapat lorong yang berbentuk gunungan dari pewayangan Jawa dimana sisi kanan kirinya dilapisi kain songket Padang; hal ini ingin menunjukkan kekayaan dan keragaman budaya Indonesia yang saat disatukan menghasilkan sesuatu yang indah.

Open kitchen area
Memasuki non-smoking area , pengunjung akan dibuat terkagum akan instalasi lampu yang berbentuk peta Indonesia tepat di atas open-kitchen area. Tidak ketinggalan mural Bhineka Tunggal Ika di sisi dinding dalam ruangan ini yang akan semakin mengingatkan walau kita semua berbeda-beda tetapi harus tetap satu.

"Kami ingin orang-orang yang datang ke sini tidak hanya dapat menikmati hidangan yang lezat dengan nyaman tapi juga diingatkan akan keberadaan kita sebagai bangsa yang kaya sehingga semakin membangkitkan nasionalisme pada setiap orang," ungkap Anita.

RM Padang Merdeka memiliki keistemawaan lainnya yaitu untuk menjaga konsistensi cita rasa asli serta kualitas masakannya, maka dalam proses mengolah makanannya menggunakan bumbu-bumbu yang langsung berasal dari Padang demikian pula juru masaknya.

Dari beragam menu khas yang ditawarkan, beberapa menu best seller antara lain adalah ayam pop, rendang, ayam pedas, ayam goreng, dendeng batokok, dendeng lambok, gulai ubi tumbuk, gulai kepala ikan, gulai tunjang, sate & soto padang, serta es martebe (markisa terong belanda) dan es campur Padang Merdeka.

Padang Merdeka beroperasi mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB dengan kapasitas ruangan yang dapat menampung sekitar 160 orang, dilengkapi dengan lahan parkir di area belakang gedung yang dapat menampung lebih kurang 40 kendaraan. RM Padang Merdeka melayani secara individual maupun reservasi grup besar untuk acara khusus seperti arisan, ulang tahun, reuni atau lunch meeting, baik dalam bentuk hidang layaknya di RM Padang, catering maupun nasi box. Padang Merdeka pun telah terdaftar di Gofood untuk memudahkan setiap penikmat nasi Padang di seluruh area Jakarta.

Dengan cita rasa premium yang didapat para pelanggan, harga yang dibandrol RM Padang Merdeka sangatlah terjangkau dengan kisaran harga mulai dari 13 ribu rupiah sampai dengan 198 ribu rupiah.

Sebagai alternatif destinasi bagi para pecinta wisata kuliner di wilayah Kota Tua, RM Padang Merdeka tidak hanya menyajikan hidangan dengan sensasi masakan Padang asli yang lezat tapi juga memberikan pengalaman berbeda dengan interior ruangan yang kaya dan semakin membangkitkan rasa nasionalisme. Sekali Padang, tetap Merdeka! (maslim)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda