sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Megapolitan

Polkam

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Bisnis

Seni Budaya dan Hiburan

Selebrity

» » DP3AP2KB Kabupaten Bogor Adakan Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif


Bogor, Larast Post - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungaan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bogor, pada Senin - Selasa (2-3/10/2017) mengadakan pelaksanaan kegiatan usaha ekonomi produktif.

Kegiatan kini terbagi 2 pelatihan, pertama pelatihan peningkatan keterampilan, pelatihan peningkatan keterampilan dengan peserta dari keluarga prasejahtera dan keluarga sejahtera I atau keluarga harapan yang dilaksanakan diwilayah kecamatan masing masing peserta.

Pelatihan kedua, pemberian bantuan berupa alat alat usaha yang akan dipergunakan dalam membantu peserta pelatihan dalam berusaha.

Dalam sambutannya Kepala Dinas, Emmy P mengatakan bahwa pelatihan ini dilatarbelakangi oleh Undang Undang No 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan Pembangunan Keluarga, yang menyatakan bahwa pembangunan keluarga diarahkan pada pembinaan ketahanan dan kesehjahteraan keluarga melalui pemberdayaan ekonomi keluarga dengan kondisi kualitas yang mencakup aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, kemandirian dan mental spiritual.

Pembangunan keluarga bertujuan untuk meningkatkan kualitas keluarga sesuai dengan tahapan keluarga,dalam hal ini yang harus menjadi perhatian utama adalah keluarga pra sejahtera dan keluarga sejahtera I agar mereka dapat melepaskan diri dari keterbelakangan ekonomi dan sosial,banyak strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tahapan keluarga diantaranya kegiatan ekonomi keluarga.


“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini keluarga yang berkualitas mampu menjalankan fungsi fungsi keluarga (keagamaan, sosial,  budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, sosial budaya, kemandirian dan mental spiritual)

Dengan digelarnya kegiatan ini kedepan semoga ada terlihat keberhasilan dengan indicator, 1. Berkurangnya tingkat kemiskinan, 2) Terbangunnya kegiatan usaha ekonomi produktif di daerah rawan miskin. 3) Meningkatnya pendapatan kesehjahteraan masyarakat penerima bantuan melalui peningkatan produktivitas dan nilai tambah. 4). Menciptakan lapangan kerja, 5). Berkembangnya kegiatan yang berupa aktivitas dan kreativitas usaha, pengolahan, pemasaran dan jasa, 6). Berkembangnya investasi/modal usaha diperdesaan, 7). Berkembangya kelembagaan masyarakat


Materi yang diberikan adalah penanggulangan kemiskinan berbasis program terintegrasi, strategi pemasaran dan penyajian, program pemberdayaan ekonomi keluarga dan pengelolaan administrasi kelompok usaha kuliner, praktek memasak kuliner.

Adapun peserta pelatihan yang hadir adalah anggota Program Keluarga Harapan (PKH) wilayah Tanjungsari sebanyak 60 orang yang dibagi menjadi 5 kelompok.

Narasumber yang hadir berasal dari 1.Unsur Bappeda kabupaten Bogor, 2.Unsur Dinas Koperasi Dan UKM kabupaten Bogor, 3.widyaiswara dari balai diklat KKB wilayah jawa Barat, dan 4.Ahli Tata Boga. (David)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda