sponsor

sponsor
Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Nasional

Polkam

Karikatur_Kementerian ATR/BPN RI Redistribusi Tanah Pada 2018


Bisnis

Megapolitan

Agraria

Laras Jatim

Regional

Olah Raga

Hukrim

Seni Budaya dan Hiburan

Kesehatan

» » Presiden Jokowi Resmikan Tol Becakayu Seksi 1B & 1C Jakasampurna-Cipinang

Presiden Jokowi didampingi Menteri BUM, Menteri PUPR, Menseskab dan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar ketika menekan tombol tanda diresmikannya Tol Becakayu Sesi 1B dan 1C di Jakasampurna, Bekasi pada Jumat (3/11/17).

Bekasi, Larast Post - Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Becakayu (Bekasi, Cawang, Kampung Melayu) Seksi 1 B & 1 C Cipinang - Jakasampurna di Sumber Arta Kelurahan Jakasampurna Kota Bekasi, pada Jumat  (3/10/17).

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi juga mengatakan peresmian proyek tol Becakayu seksi 1 B dan 1C ini diharapkan dapat mengurai kemacetan lalu lintas Jakarta - Bekasi.

Ruas jalan yang siap dioperasikan tersebut ialah seksi 1B yang menghubungkan Cipinang Melayu dan Pangkalan Jati serta seksi 1C yang menghubungkan Pangkalan Jati dan Jaka Sampurna.

Kedua ruas jalan sepanjang kira-kira 8,26 kilometer tersebut rencananya sudah dapat digunakan mulai besok.

"Jadi besok Becakayu sudah bisa dipakai yang panjangnya kurang lebih 8 kilometer. Paling tidak ini mengurai kemacetan yang telah bertahun-tahun ada," kata Presiden saat peresmian.

Presiden Jokowi mengatakan, dirinya merasa puas walaupun proyek tol ini agak meleset dari rencana.

"Nanti akan diteruskan ke Tambun ke Bekasi Barat. Akan diteruskan. Sehingga akses dari Jakarta ke Bekasi akan semakin lancar," ujarnya.

Menteri BUMN Rini Soemarno ketika memberikan keterangan kepada awak media.

Terhambat Pembebasan Lahan

Menteri BUMN, Rini Soemarno mengatakan proyek Tol Becakayu semula ditargetkan dapat beroperasi sepenuhnya (Bekasi Barat - Kampung Melayu) akhir tahun 2017.

Karena kendala pembebasan lahan akhirnya ditargetkan lagi Tol Becakayu Finishing beroperasi secara penuh Bekasi - Kampung Melayu pada awal Juli 2018.

"Memang target kami akhir 2017 tol Becakayu dapat beroperasi secara penuh namun pembebasan lahan masih menjadi kendala di sejumlah titik", ucap Rini kepada para awak media usai peresmian Tol Becakayu Seksi 1B dan 1C di Jatisampurna Bekasi.

Turut hadir pada acara tersebut, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar.

Sempat Mangkrak
Sebelumnya proyek tol yang sempat mangkrak kurang lebih 17 tahun ini telah beberapa kali dikerjakan dan terhenti.  Pada November 2014 proyek tersebut baru dimulai kembali hingga saat ini. "Tak lama lagi dapat beroperasi," ujar Presiden Jokowi ketika memberikan keterangan pers di hadapan para media.

Proyek Becakayu yang seksi 1 B dan 1C memiliki panjang  8.4 KM ini merupakan jalan tol berkonstruksi layang yang dibangun di atas sungai Kalimalang di kota Jakarta Timur dan Bekasi untuk mengurai kemacetan di sekitar Kalimalang.

Jalan tol ini dimulai pembangunannya pada tahun 1996 oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga, namun terhenti dua tahun kemudian akibat krisis moneter yang melanda. Jalan tol Becakayu menelan biaya investasi Rp 7,2 triliun, biaya konstruksi Rp 4,785 triliun, biaya pembebasan tanah Rp 449 miliar, dan masa konsesi 45 tahun (sejak SPMK).

Sebelumnya pengelola Tol Becakayu adalah swasta namun karena pihak swasta tak mau menyelesaikan pada akhirnya diambil alih BUMN dalam hal ini PT Waskita Toll Road, anak usaha dari PT Waskita Karya(Persero) Tbk yang memegang 60 persen saham. (Her, sg, ram)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Silahkan berikan komentar anda