sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Pendidikan

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Wakil Ketua DPRD Gresik Berupaya Patenkan Temuan Baru Terkait Tanggal Hari Ulang Tahun Kabupaten Gresik


H.Nur Qolib Sag.M.Si Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gresik
dari partai PPP 
Gresik, Larast Post - DPRD Kabupaten Gresik rupanya benar-benar serius menyikapi dugaan temuan baru soal tanggal Hari Jadi Kabupaten  Gresik yang sebenarnya. 

Wakil Ketua DPRD, H Nur Qolib mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti temuan tersebut di internal. “Setelah itu kami akan merekomendasikan kepada Pemkab Gresik untuk ditindaklanjuti,” ujarnya kepada Larast Post, pada Sabtu (4/11/201¬7) di gresik.

H.Nur Qolib sendiri mengakui pihaknya selama ini juga tidak mengetahui alasan Pemkab Gresik merayakan Hari Jadi setiap 27 Februari. “Dengan adanya fakta temuan baru bahwa lahirnya Kabupaten Gresik bukan tanggal 27 Februari, apakah Pemkab Gresik akan menindaklanjutinya,semua tergantung dari hasil tindaklanjut dari temuan tersebut,” terangnya.

Ia menegaskan, DPRD akan mempertanyakan kepada¬ Pemkab apa dasar HUT Kabupaten Gresik diperingati tanggal 27 Februari. “Kalau tak ada dasarnya ya jangan diteruskan, sebab hal itu bisa menyesatkan generasi kita,” kata politikus Partai PPP ini.

Mengacu hasil bedah buku karya Abdul Abbas yang berjudul “Jejak Rekam DPRD Gresik”, disebutkan jika Kabupaten Gresik ditetapkan pada tanggal 1 November 1974. 

Penetapam  tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 1974. “Seharusnya kalau mengacu PP tersebut kan lahirnya Kabupaten Gresik pada 1 November 1974 dan seharusnya HUT Kabupaten Gresik diperingati setiap tanggal lahir itu. Tapi, faktanya selama ini kan pemerintah memperingati HUT Kabupaten Gresik setiap 27 Februari. Ini yang akan kami telusuri dan kami sinkronkan. Mana yang lebih legal, 27 Februari atau 1November,” terang H. Nur  Qolib. 

DPRD menilai dasar penetapan HUT Kabupaten Gresik pada  tanggal 1 November 1974 itu yang sangat kuat. “Kalau Pemkab tak punya dasar penetapan HUT Kabupaten Gresik tanggal 27 Februari, ya harus berani merubah pada tanggal 1 November. Dan,tanggal 1 November sebagai HUT Kabupaten Gresik harus dipatenkan,”  tegasnya.

Diberitak¬an sebelumnya, fakta baru terkait tanggal HUT Kabupaten Gresik terungkap dalam buku “Jejak Rekam DPRD Gresik”.

Dalam buku tersebut disebutkan bahwa Gresik awalnya merupakan ibu kota dari Kabupaten Surabaya. Status tersebut ditetapkan pada tanggal 8 Agustus 1950 di Yogyakarta oleh Presiden RI (Pemangku Jabatan Sementara), Assat. 

Dalam perkembangannya, karena kegiatan pemerintahan tingkat Kabupaten Surabaya sebagian besar berada di Gresik, maka DPRD Kabupaten Surabaya mengusulkan agar nama Kabupaten Surabaya diubah menjadi Kabupaten Gresik. Gagasan tersebut kemudian mendapat dukungan dari Bupati, Gubernur, hingga Presiden. Perubahan tersebut akhirnya ditetapkan melalui PP 38/1974 dan mulai berlaku pada tanggal diundangkannya 1 November 1974. PP ini ditetapkan di Jakarta dan ditandatangani Presiden Soeharto.

Tanggapan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gresik Masing-masing memiliki dasar atas pendapat yang biasa digunakan itu berdasarkan penetapanan dari pemerintah tentang pembentukan Kabupaten Gresik.

Untuk ke depan jika perbedaan ini dianggap menjadi hal penting untuk diluruskan. Maka perlu ada usul dari penemu tanggal yang diyakini benar kepada Pemda dan DPRD.

“Lalu kami tanggapi, didiskusikan, dilakukan penelitian, baru di putuskan bersama tetap bisa berubah,’ tegas H.Nur Qolib.

Sedangkan Pemda mempunyai dasar bahwa semula Gresik adalah Kabupaten Surabaya.  Memasuki dilaksanakan PP No 38 tahun 1974. Seluruh kegiatan pemerintah berangsur-angsur dipindahkan ke Gresik dan namanya kemudian berganti dengan Kabupaten Daerah Tingkat II Gresik itu dasar yang digunakan. (ADV/BIN) 

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda