sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Megapolitan

Polkam

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Bisnis

Seni Budaya dan Hiburan

Selebrity

» » Dishub Jatim Lakukan Persiapan Menjelang Libur Panjang 2018

Kadishub Pemprov Jatim Dr Ir Wahid Wahyudi MT

Surabaya, Laras Post - Libur Tahun Baru Menjelang 2018 diperkirakan akan menyedot mobilitas warga. Terlebih hari libur tersebut posisinya di akhir pekan yang panjang. 

Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur pun telah melakukan persiapan terutama mengatur pergerakan masyarakat di Jawa Timur agar mobilitas masyarakat saat liburan berjalan dengan aman dan nyaman.

"Yang pertama infrastruktur. Darat, laut dan udara sudah siap dengan baik di mana kondisi jalan nasional 87 persen mantap. Hanya saja ada kerusakan - kerusakan kecil serta bergelombang di beberapa titik," terang Kepala Dishub Pemprov Jatim Dr Ir Wahid Wahyudi MT di kantornya, pada Jumat (29/12).

Kerusakan jalan yang dimaksud berada di kawasan Mengreng, Saradan dan Bangil. Lalu ada perbaikan jembatan di Blega Madura. Sedangkan jalan provinsi dikatakan Wachid, kondisinya jauh lebih baik.

"Jalan provinsi ini 91 persen mantap, sisanya ada 600 meter di Rejoso antara Nganjuk Bojonegoro tengah ada pembangunan rigid basement," lanjutnya.

Beroperasinya tol dari Surabaya menuju Bandar Kedungmulyo Jombang, menurutnya juga mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Kletek Surabaya menuju Kenanten Mojokerto.
"Sehingga ruas dari Surabaya menuju kawasan Nengreng kembali lancar," imbuhnya.

Macetnya di kawasan Mengreng, dijelaskan Wahid akibat lokasi tersebut merupakan titik pertemuan arus lalu lintas dari sejumlah daerah serta terdapat pintu keluar tol.

"Sehingga kami akan tempatkan petugas Dishub Jawa Timur beserta jajaran kepolisian untuk menjaga titik yang rawan macet di kawasan Nengreng tersebut," ucapnya.

Ada sekitar 4.120 orang petugas gabungan disebar ke sejumlah lokasi rawan macet, berasal dari Dishub Pemprov Jatim, Dishub kabupaten kota se Jatim, dan UPT Kemenhub yang ada di Jatim.
Terkait moda transportasi, sebanyak 5.805 unit bis juga akan disiapkan oleh pihak Dishub Jawa Timur menghadapi tingginya jumlah penumpang dengan bantuan sekitar 2.205 bis pariwisata serta 557 bis cadangan.

Tak hanya bis, Dishub bersama pihak terkait juga telah menambah 19 extra flight dari 225 flight yang disiapkan karena penumpang meningkat sekitar 25 persen di libur akhir tahun ini.

Untuk kereta api telah disiapkan 100 rangkaian kereta api, dengan tambahan 8 rangkaian kereta api pada libur natal kemarin. Sedang penyeberangan juga disiapkan 55 kapal serta 47 kapal laut.

Mengantisipasi kepadatan penumpang di pelabuhan penyeberangan, jajarannya menggunakan sistem pemberangkatan tanpa jadwal, "Begitu penuh langsung berangkat," singkatnya.

Mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, Ia menjelaskan bahwa selama ini telah dilakukan operasi besar - besaran. Dari operasi tersebut ditemukan sekitar 13 persen angkutan umum yang tidak laik jalan.
"Kita selalu memberi peringatan jika ada kendaraan yang tidak laik jalan, harus dikeluarkan dari terminal. Kita akan tindak tegas," ucapnya.

Termasuk kesehatan para pengemudi, pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan bersama Dinas Kesehatan secara berkala.

"Bersama Dinas Kesehatan setempat kita lakukan pemeriksaan para pengemudi berdampingan dengan petugas Dishub," pungkasnya.(Muji)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda