sponsor

sponsor
Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Nasional

Polkam

Karikatur_Kementerian ATR/BPN RI Redistribusi Tanah Pada 2018


Bisnis

Megapolitan

Agraria

Laras Jatim

Regional

Olah Raga

Hukrim

Seni Budaya dan Hiburan

Kesehatan

» » Kasdam XII/Tanjungpura: Prajurit Infanteri Siaga Tempur Setiap Saat

Kasdam Tanjungpura photo bersama jajaran usai upacara digelar.
Pontianak, Larast Post - Upacara peringatan Hari Infanteri ke-69 TNI AD Kodam XII/Tanjungpura digelar di lapangan Makodam XII/Tanjungpura, pada selasa (19/12/2017). 

Selaku Inspektur upacara pada peringatan Hari Infanteri tersebut adalah Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) XII/Tanjungpura Brigjen TNI Sulaiman Agusto juga sebagai Komandan upacara Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 631/Antang Letkol Inf Ronni Sulaiman.

Dalam amanat Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Danpussenif), yang dibacakan oleh Irup Kasdam XII/Tpr menjelaskan, bahwa catatan peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah Infanteri adalah ketika menghadapi agresi militer Belanda II tanggal 19 Desember 1948. Dimana pada saat itu, Panglima Besar Jenderal Sudirman mengeluarkan perintah kilat yang ditujukan kepada Angkatan Perang RI untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya untuk melawan musuh dengan melaksanakan perang rakyat semesta, dimana pasukan-pasukan yang hijrah melaksanakan aksi wingate (infiltrasi) dengan cara Long Mars kembali ke wilayah masing-masing dan membentuk wherekrise (kantong-kantong kekuatan) sebagai titik-titik kuat pertempuran gerilya. Bentuk dan siasat pertempuran yang digunakan tersebut merupakan taktik dan strategi prajurit infanteri untuk melanjutkan perjuangan dalam rangka mempertahankan kemerdekaan.

Lanjut Kasdam, dari peristiwa tersebut, Panglima Besar Jenderal Sudirman telah mewariskan tentang nilai-nilai luhur yang tidak akan pernah hilang oleh waktu yaitu diantaranya ketokohan, patriotisme, militansi, kejuangan, profesionalisme, sifat pantang menyerah dan  kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang akan selalu terpatri dalam jiwa, sikap dan tindakan setiap prajurit infanteri. Selanjutnya untuk mengabadikan nilai-nilai tersebut, maka TNI AD menetapkan hari tersebut sebagai “Hari Infanteri”.

“Tetap terpelihara kemampuan dasar Prajurit Infanteri, soliditas, semangat dan jiwa yang pantang menyerah, sesuai dengan gambaran dalam amanat oleh Jenderal Sudirman pada saat menghadapi agresi militer Belanda ke II, itulah cikal bakal Prajuriit Infanteri, jadi sebelum ada korps -korps TNI AD yang lain, Infanteri itu sudah ada,” terang Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Sulaiman Agusto.

“Agar selalu menjaga dan memeliharan semangat tempur sebagai Prajurit Infanteri, tingkatkan profesionalisme dan soliditas serta kemanunggalan bersama rakyat, satuan Infanteri itu dalam pertempuran adalah satuan yang maju kedepan untuk merebut sasaran, dan apabila Negara memanggil harus siap kapanpun dan dimanapun, untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Infanteri,” tegas Kasdam XII/Tpr.

Kasdam juga menambahkan, dalam peringatan Hari Infanteri kegiatan seperti ini setiap tahunnya diadakan dan juga diperlombakan dalam bentuk, peleton beranting yang terdiri dari Peleton Inti dari Satuan Infanteri, kemudian ada Peleton Pengantar dari Satuan Bantuan Tempur serta Peleton Pengiring Non TNI AD seperti dari Brimob, Marinir, FKKPI dan Pelajar SMA.

Usai upacara, dibacakan para pemenang dalam lomba Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya 2017. untuk juara pertama sebagai peleton inti satuan infanteri diraih oleh Peleton 1 Batalyon Infanteri (Yonif) 643/Wanara Sakti, dan juara kedua Peleton 2 Yonif  Raider 641/Beruang, sementara Peleton 2 Yonif 643/Wanara Sakti meraih juara tiga. Juara umum diraih oleh Batalyon Infanteri 643/Wanara Sakti.

Sedangkan untuk peleton pengantar TNI AD juara pertama diraih oleh Batalyon Armed 16/Komposit, juara dua peleton 2 Yonzipur, dan ketiganya diraih oleh peleton beranting peleton 1 Kavaleri 12/Beruang Cakti. Selain itu, untuk Peleton Pengantar Non TNI juara pertama diraih oleh FKPPI, juara dua diraih oleh PPM, dan yang ketiga disabet oleh SMA Pertukangan Sungai Raya.

Sedangkan untuk Koramil pendukung dan pendukung Non TNI AD. untuk Koramil pendukung juara pertama diraih oleh Koramil 1207/05 Sungai Raya, kedua Koramil 1207/06 Sungai Ambawang, dan ketiga Koramil 1207/04 Pontianak Barat. Sementara untuk pendukung non TNI AD, juara satu direbut oleh Polda Kalbar, diurutan kedua Yon Marinir Pertahanan Pangkalan XII, dan diposisi ketiga Brimob Kalimantan Barat.

Hadir dalam upacara peringatan Hari Infanteri, Danrem 121/Abw, para Asisten Kasdam XII/Tpr, Kabalakdam XII/Tpr, LO AL, LO AU, Kayanma Polda Kalbar, Danyonif  Raider 641/Bru, Danyonif  Raider Khusus 644/Wls, Danyon 643/Wns, Danyon 642/Kps, Danyon Armed 16/Komposit, Danyon Kav 12/BC, Danyon Zipur 12/SD serta para undangan yang berasal dari Kepolisian, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Bela Negara, Pramuka dan Instansi Pemerintah yang ikut mendukung suksesnya acara peringatan Hari Infanteri tahun 2017. (sugih/Pendam Tpr)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Silahkan berikan komentar anda