sponsor

sponsor
Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Nasional

Polkam

Karikatur_Kementerian ATR/BPN RI Redistribusi Tanah Pada 2018


Bisnis

Megapolitan

Agraria

Laras Jatim

Regional

Olah Raga

Hukrim

Seni Budaya dan Hiburan

Kesehatan

» » Liburan Akhir 2017 - Tahun Baru 2018, Ancol Targetkan 1.658 Ribu Pengunjung

Wahana rekreasi Seaworld Ancol menjadi salah satu favorit anak-anak saat liburan tiba.

Jakarta, Larast Post - Managemen Taman Impian Jaya Ancol menargetkan jumlah kunjungan wisatawan sebesar 1.658 ribu pada periode 16 Desember 2017-7 Januari 2018. Targetnya pun naik 12 persen dari tahun lalu.

Sementara pada tutup tahun 2017 dan awal tahun 2018 pihak Ancol menargetkan 480 ribu pengunjung.“Kita targetkan di tanggal 31 Desember 2017 ada sekitar 280.000 pengunjung, dan di tanggal 1 Januari ada 140.000 pengunjung. Maka dari itu kita akan lakukan rekayasa lalu lintas dan menyediakan kantong parkir, dan area beach pool bebas dari kendaraan yang bisa melintas hanya bus wara-wiri,” ucap General Manager Taman Impian Jaya Ancol, Sunarto dalam konferensi pers acara Pesona Indonesiaku di Segarra Resto Ancol Jakarta, pada Rabu (26/12/17).

Ia menjelaskan untuk mengurangi kemacetan di malam pergantian tahun, pihak Ancol berlakukan sentral parkir mulai tanggal 31 Desember 2017 pada pukul 05.00 WIB hingga 1 Desember 2018 pukul 24.00 WIB.

Sunarto menyebut, ada tiga kantong parkir yang diberlakukan yakni di bagian Timur, Tengah, dan Barat yang digunakan untuk kendaraan roda empat.

Adapun kapasitasnya kantong-kantong parkir ini yakni di kawasan Timur untuk 6.000 mobil, kawasan Tengah untuk 5.000 mobil, dan kawasan Barat 2.000 mobil.

“Jadi area utama beach pool bebas kendaraan, nantinya ada jalur khusus pejalan kaki, jalan untuk akses bus wara-wiri, dan parkir motor. Sepeda motor dikumpulkan di satu kantong parkir di area beach pool,” kata Sunarto.

Pada tanggal 31 Desember 2017 pagi sekitar pukul 05.00 WIB, kendaraan hanya bisa masuk ke wilayah Ancol melalui pintu timur. Setelah itu, sekitar pukul 10.00 WIB barulah kendaraan bisa masuk melalui pintu timur dan barat yang kemudian langsung diarahkan ke sentral parkir.

Karena kendaraan pribadi tidak dapat melintas di area utama atau beach pool, maka Ancol menyediakan tambahan inner transport gratis yang totalnya 112 bus dapat digunakan para pengunjung. Pihak Ancol juga Juga menambah dua kereta sato-sato sehingga total menjadi empat kereta. Keduanya dapat diakses di wilayah Ancol dari Pantai Carnaval sampai ke Dunia Fantasi juga sebaliknya selama 24 jam. 

Gelar Sejumlah Hiburan

Sementara itu dalam rangka memeriahkan liburan akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018 Ancol menyelenggarakan sejumlah hiburan. Direktur Rekreasi PT Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali mengatakan, konsentrasi perayaan akan diselenggarakan di lima tempat di kawasan Ancol.

"Lima tempat itu yakni Putri Duyung, Pasar Seni, Taman Lumba-Lumba, Pantai Lagoon dan pantai Carnaval," ucapnya ketika memberikan keterangan pers pada Senin (11/12/2017).

Sahir menyebut lima titik itu ada acara musik, tarian, kuliner dan bazar. Dia mengatakan Ancol membingkai acara tersebut dengan sentuhan budaya lokal. "Sentuhan budaya daerah akan terbagi dalam zona wilayah dari berbagai belahan Indonesia yang dipadukan dengan kemeriahan pesta kembang api musikal," kata dia.

Sahir mengatakan menjelang perayaan tahun baru di Taman Lumba-Lumba diselenggarakan festival wisata kuliner Nusantara pada 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. Festival itu, kata dia,  dipadukan dengan penampilan budaya Aceh seperti tari saman, Reog Ponorogo dan budaya Kalimantan.

Sahir mengatakan, pada 31 Desember hingga 1 Januari, di Pasar Seni akan ditampilkan budaya Betawi seperti pencak silat, lenong dan tari Betawi. Deretan seniman Pasar Seni, kata dia, juga akan menggelar hasil karyanya dengan tema “kicir-kicir”. "Selain budaya betawi, pengunjung dapat menyaksikan penampilan Srimulat dan campursari pada 23 Desember 2017," tuturnya.

Selain itu, Sahir mengatakan atraksi kostum unik juga akan diselenggarakan di “lagoon seaside carnival” yang dimeriahkan dengan penampilan musik di floating stage. Nuansa Indonesia Timur, kata dia, akan dihadirkan dengan penampilan tari kecak, barong dan sajojo. "Edo Kondologit dan Sandhy Sandoro dijadwalkan menghibur pengunjung di penghujung dan awal tahun," kata dia.

Sahir mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan acara musik di panggung utama Pantai Carnaval Ancol pada 31 Desember mulai pukul 19.00. Sejumlah artis seperti Wali, Five minutes, Armada, Kotak dan Setia band serta pedangdut Siti Badriah dan banyak lagi artis Ibu Kota lainnya. "Betharia Sonata dan Vidy Aldiano akan menghibur di pantai Putri Duyung Ancol," kata dia.

Sebagai puncak acara perayaan Tahun Baru 2018, Sahir mengatakan Ancol akan menyelenggarakan pesta kembang api di sepanjang pantai Ancol, mulai dari Pantai Festival sampai dengan Pantai Carnaval serta Putri Duyung Ancol. "Kami juga akan menampilkan kembang api musikal selama 15 menit di Pantai Lagoon," pungkas Sahir. (sugih)







«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Silahkan berikan komentar anda