sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Pendidikan

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Pilkada Serentak Berpotensi Timbulkan Gangguan Keamanan

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian 
Jakarta, Larast Post – Salah satu potensi gangguan keamanan yang diprediksi akan terjadi pada 2018, yakni Pemilihan Kepala Daerah Serentak pada medio 2018.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, potensi gangguan keamanan, mulai dapat terasa sejak awal tahun, yaitu sejak para pasangan calon mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan dilanjutkan dengan rangkaian kampanye.

“Saat itulah, masyarakat mulai terpecah karena dukungan politiknya. Namanya pilkada, pasti terjadi polarisasi masyarakat. Polarisasi ini positif saja karena memang bagian dari demokrasi untuk memilih pemimpin,” kata Tito dalam paparan Kinerja Polri 2017, pada Jumat (29/12/2017), di Rupatama Mabes Polri, Jakarta.

Tito meminta masyarakat agar tidak menyebarkan isu hoaks maupun perbuatan yang memprovokasi. “Hindari isu provokatif, sensitif. Jangan sampai korbankan konflik perpecahan bangsa untuk ambisi politik sektoral,” ujarnya.

Menurut Tito, situasi menghangat jelang Pilkada tak dapat dihindari, namun asal jangan sampai memanas. Begitu kondisi mulai memanas, maka segenap pihak harus mendinginkan suasana agar tidak terjadi konflik yang lebih besar. 

“Kita harap mesin pendingan bergerak, siapa saja. Polri, TNI, tokoh agama, tokoh masyarakat, media, tolong berita yang mendinginkan,” tegasnya.

Lebih lanjut ia mengingatkan, potensi gangguan keamanan yang ditimbulkan pesta demokrasi, akan berlangsung sepanjang tahun 2018, karena usai Pilkada serentak berlangsung, tahapan Pemilihan Presiden 2019 akan segera dimulai, yakni pada Agustus 2018, dimulai pendaftaran dan penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden, sehingga diprediksi situasi akan semakin memanas jelang Pilpres 2019. (her)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda