sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Bisnis

Regional

Hukrim

Laras Jatim

Agraria

LARAS JATENG

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Selebrity

Pendidikan

Olah Raga

» » Pemerintah Segera Sertipikasi Tanah Tempat Ibadah

Presiden Jokowi pada acara penyerahan sertipikat di Sumsel.

Palembang, Larast Post – Pemerintah akan memberikan sertipikat tanah tempat beribadah, mulai tahun 2018 ini di seluruh Provinsi.

Presiden RI, Joko Widodo, mengatakan, sertipikasi rumah ibadah dimulai di Palembang dan seterusnya akan dilaksanakan juga di provinsi-provinsi lain di Indonesia. 

"Sertipikasi tanah tempat ibadah ini untuk mendukung kenyamanan Bapak Ibu beribadah, kita mulai di Sumatera Selatan ini," ujar Presiden, saat membagikan 505 sertipikat tempat ibadah, dan 5.029 sertipikat hasil Program Strategis Nasional, pada Senin (22/1/2018) di Palembang Sport and Convention Center, Kota Palembang  Sumatera Selatan.

Sementara itu, kepada masyarakat penerima sertipikat, Presiden Jokowi berpesan, agar bijak dalam memanfaatkan sertipikat tanah yang telah diterima. 

Jika hendak mengagunkan sertipikat ke bank, lanjut Presiden, hendaknya dilakukan hanya untuk keperluan modal usaha. "Jangan sekali-kali pinjem duit di bank untuk kenikmatan kita, gagah-gagahan beli mobil, itu hanya akan bertahan 6 bulan, setelah 6 bulan mobil hilang sertipikat hilang, gunakan semuanya untuk modal kerja," tegasnya.

Presiden juga berpesan untuk masyarakat dapat arif dalam menghadapi tahun politik. "Tahun 2018 ini ada 171 Pilkada, saya titip, jangan sampai masyarakat terpecah belah karena beda pilihan calon dalam Pilkada," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil menyatakan, seluruh jajaran BPN akan terus mendukung pelaksanaan program strategis nasional presiden Jokowi. "Pada tahun 2018 BPN akan mensertipikatkan 230.000 bidang tanah di Sumatera Selatan," tegasnya. 
Dalam lawatannya ke Palembang kali ini, selain didampingi oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Presiden Jokowi juga didampingi oleh Kapolri Tito Karnavian, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Soemadi.

Serahkan 3.500 Sertipikat
Sebelumnya, Presiden Jokowi menyerahkan sebanyak 3.500 Sertipikat Tanah kepada Masyarakat Provinsi Lampung yang tersebar di Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Way Kanan, Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Kabupaten Lampung Utara, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Pringsewu, dan Kabupaten Tulang Bawang.

Penyerahan sertipikat tanah tersebut dilaksanakan pada Minggu (21/1/2018) di Gelanggang Olah Raga (GOR) Way Handak, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengatakan, saat ini seharusnya Indonesia terdapat 126 juta bidang tanah yang bersertipikat, namun sampai akhir 2015 baru 46 juta bidang tanah yang sudah terdaftar di BPN.
“Masih ada 80 juta sertipikat yang harus diberikan kepada masyarakat. Tahun-tahun lalu hanya 500 ribu di seluruh Tanah Air. Artinya nunggu 160 tahun baru seluruh Indonesia bersertipikat,” kata Presiden.
Untuk mempercepat proses sertipikasi lahan tersebut, Presiden memberikan target kepada Kementerian ATR/BPN dalam penerbitan sertifikat setiap tahunnya, yakni tahun 2017 lalu sebanyak 5 juta sertipikat, pada tahun 2018 ini sebanyak 7 juta sertipikat. “Dan tahun depan 9 juta harus keluar dari Kantor BPN,” terangnya. (her, sg, ram)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda