sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Megapolitan

Polkam

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

Bisnis

LARAS JATENG

Olah Raga

Seni Budaya dan Hiburan

Pendidikan

Wisata

Selebrity

» » Prajurit Marinir Laksanakan Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera

Pasukan Marinir 2 Cilandak gelar upacara Hari Dharma Samudera.

Jakarta, Larast Post -  Genap lima puluh enam tahun yang silam, bangsa Indonesia tengah berjuang membebaskan Irian Barat dari tangan penjajah Belanda untuk kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi. Dalam pembebasan tersebut terjadi pertempuran di Laut Aru yang penuh heroik antara unsur-unsur Angkatan Laut RI dengan Angkatan Laut Kerajaan Belanda. Pertempuran yang tidak seimbang itu, KRI Macan Tutul dengan awaknya dibawah komando Senior Officer Present Afloat (SOPA) Komodor Yos Sudarso melakukan perlawanan yang sengit meskipun akhirnya tertembak dan tenggelam bersama sejumlah prajurit terbaik ALRI yang gugur sebagai Kusuma Bangsa tepatnya tanggal 15 Januari 1962.

Peristiwa tersebut telah menorehkan tinta emas dalam sejarah Nasional perjuangan bangsa Indonesia oleh prajurit-prajurit laut dalam menegakkan kedaulatan NKRI oleh karena itu pimpinan TNI AL menetapkan tanggal 15 Januari sebagai Hari Dharma Samudera.

Untuk mengenang peristiwa tersebut Korps Marinir memperingati Hari Dharma Samudera dengan menggelar Upacara Militer, melibatkan seluruh Prajurit dan ASN Korps Marinir dengan Inspektur Upacara (Irup) Asisten Personel (Aspers) Komandan Korps Marinir (Dankormar) Kolonel Marinir Endang Taryo, S.E., yang dilaksanakan di Lapangan Apel Brigif 2 Marinir Cilandak Jakarta Selatan. Senin (15/01// 2017).

Dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Laut Laksmana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menyampaikan bahwa, Para Pahlawan Laut Aru telah memberikan keteladanan sejati kepada kita yakni sikap ksatria dan rela berkorban, mereka telah membuktikan bawhwa bangsa Indonesia tidak pernah gentar menghadapi musuh dalam upaya mempertahanan wilayah dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

’’Sikap Ksatria dan rela berkorban tersebut merupakan cerminan dari kedisiplinan, Hierarki dan Kehormatan Militer yang selalu terjaga meskipun dalam kondisi kritis sekalipun.‘‘ Tambah Kepala Staf Angkatan Laut

Diakhir Amanatnya Laksmana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P menekankan kepada kita semua untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta keteladanan yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita sebagai kontribusi positif dan karya nyata dari segenap prajurit Matra Laut dalam pengabdian kepada negara dan bangsa, serta demi terwujudnya TNI Angkatan Laut yang handal dan disegani serta berkelas dunia.

Hadir dalam upacara tersebut para Asisten Dankormar, Kadis Kormar, Danlanmar Jakarta, Danrumkitalmar serta Asisten Danpasmar-2.(sg/dispenmar)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda