sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Pendidikan

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Rapim TNI AL 2018, Dukung Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Kasal Laksamana Ade Supandi didimpingi para perwira tinggi TNI AL diantaranya, Kasum TNI, Kabakamla ketika menggelar jumpa pers usai membuka Rapim TNI AL 2018 di Mabes AL, Cilangkap, Jakarta Timur.

Jakarta, Larast Post - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Angkatan Laut (AL) 2018 di Mabes TNI AL Cilangkap, Jakarta Timur pada Jumat (26/1/18).

Dalam pelaksanaan Rapim tahun 2018 ini mengangkat tema, “Dengan dilandasi Jiwa Kesatria, Militan Loyal, Profesional Dan Modern, TNI AL Siap Melaksanakan Tugas Dalam Rangka Mendukung Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia”.

Ade Supandi mengatakan, Kali ini menjadi Rapim terakhir baginya karena menurutnya pada pertengahan tahun 2018 akan pensiun.    

"Hari ini agak aneh, yang mendampingi saya bintang 3 semua. Momentum ini menjadi rapim terakhir saya pimpin," ujar Ade Supandi usai membuka Rapim di Mabes TNI AL, Jumat (26/1).

Dia mengatakan selain menjadi rapim terakhir, karena sebelum Mei 2018 berakhir, masa jabatan Kasal berakhir dia juga mengubah pola rapim agar berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Pria kelahiran 26 Mei 1960 tersebut mengatakan para bintang 3 yang mendampinginya akan segera memegang kendali tertinggi di TNI AL. 

"Saya gak mau serah terima jabatan nanti dengan pensiunan. Makanya saya mau menyerahkan jabatan ini ke penerus sebelum bulan Mei selesai," ketusnya dengan nada bercanda.

Sementara terkait rapim, Ade mengatakan sebagai wadah menyampaikan berbagai arah kebijakan Pemimpin TNI AL dalam perencanaan program.

"Kebijakan panglima TNI harus diterjemahkan menjadi kebijakan Kasal untuk operasi Angkatan Laut. Pola nya saya ubah, kalau biasanya laporan komando dulu, kali ini langsung membahas permasalahan," katanya.

Sedikitnya ada 4 hal yang menjadi materi penting dalam Rapim tersebut. Mulai dari menyampaikan kebijakan Panglima TNI dan Kebijakan Perencanaan TNI Angkatan Laut pada 2018.

Pertama menyampaikan kebijakan Panglima TNI Tahun 2018 dan Kebijakan Perencanaan TNI Angkatan Laut Tahun 2018.  

Kedua mengevaluasi hasil pembinaan kekuatan TNI Angkatan Laut tahun 2017 dan rencana pembinaan kekuatan TNI Angkatan Laut tahun 2018 masingmasing bidang. 

Ketiga mengevaluasi gelar kekuatan tahun anggaran 2017, kendala atau permasafahan dan solusi pemecahan, serta kegiatan yang dilaksanakan dan pencapaiannya pada tahun 2017 yang dilaksanakan oleh satuan operasional. 

Keempat memberikan informasi tentang kondisi yang menonjol berkaItan dengan pelaksanaan tugas TNI Angkatan Laut dan kebijakan pemerintah. 

Secara garis besar, pada Rapim TNI AL tahun 2018 diawali dengan Pembukaan Kasal dan penyampaian pokok-pokok kebijakan Panglima TNI tahun 2018. Kegiatan Rapim itu dilanjutkan dengan laporan hasil pengawasan tahun 2017 oleh Irjenal. 

Selanjutnya laporan komando Pangarmatim, Pangarmabar, Pangkolinlamil, Dankormar, Dankodikiatal, Gubernur AAL, Danseskoal, Kapushidrosal, Danpuspenerbal, Danpuspomal, Komandan STTAL. 

Juga penyampaian kebijakan perencanaan TNI Angkatan LaUt tahun 2018, serta penekanan-penekanan kebijakan pembangunan TNI AL pada tahun 2018. 

Rapim TNI AL 2018 ini diikuti kurang lebih 270 peserta yang  merupakan unsur pimpinan di jajaran TNI AL, terdiri dari Pembicara 13 peserta, Pejabat Mabesal 100 peserta, Pejabat Komando Utama (Kotama) TNI AL dan Lembaga Pendidikan (Lemdik) 25 orang, Pejabat Non Struktural 91 orang dan Panitia Pendukung 41 personeL.(egi/sg)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda