sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Megapolitan

Polkam

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

Bisnis

LARAS JATENG

Olah Raga

Seni Budaya dan Hiburan

Pendidikan

Wisata

Selebrity

» » Babinsa Sempolan Bantu Masyarakat Bersihkan Embung

Babinsa Sempolan Bantu Masyarakat Bersihkan Embung
Jember, Laras Post - Embung merupakan salah satu penampungan air sumber yang berada didaerah-daerah ketinggian yang mengandalkan air sumber sebagai  sarana mandi, cuci oleh masyarakat desa, seperti disebagian masyarakat  Ds Sempolan Kec Sempolan Kabupaten Jember.

Kondisi musim penghujan seperti sekarang ini mengakibatkan embung yang ada mengalami pendangkalan karena aliran air yang datang dari hulu membawa lumpur yang terbawa oleh arus air sumber tersebut.

Dengan semakin dangkalnya embung tersebut maka daya tampungnya akan semakin sedikit dan kurang memadai untuk sarana mandi cuci masyarakat sekitar, sehingga masyarakat melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan bagian dalam embung tersebut.

Terlibat dalam kerja bakti tersebut Babinsa Sempolan Serda Abdul Hadi bersama dengan 57 orang warga masyarakat sekitar yang rata-rata mengadalkan embung tersebut dalam mandi dan mencuci.

Sunarto 49 tahun salah satu masyarakat sekitar yang turut dalam kerja bakti tersebut saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa embung ini sarana kami untuk mandi dan cuci, saat ditanyakan mengapa tidak membuat sumur disekitar rumah saja, Sunarto menjelaskan bahwa membuat sumur disini sulit karena daerah ketinggian seperti ini kita membuat sumur harus dalam sekali itupun belum tentu ada mata air.

Jadi secara turun temurun kami menggunakan embung ini untuk keperluan mandi dan  cuci, dimusim hujan ini rupanya embung mengalami pendangkalan karena banyak yanah yang terbawa dan mengendap di embung ini, jadi kita kerja bakti dan terima kasih P Hadi Babinsa juga hadir disini turut membantu kerja bakti ini. Tambah Sunarto.

Menyikapi kegiatan anggotanya tersebut Danramil 0824/07 Sempolan Kapten Inf Sondah Krisyamto menyampaikan bahwa sebagai Babinsa memang harus selalu dekat bersama masyarakatnya, apalagi saat masyarakat melaksanakan kerja bakti atai kegiatan-kegiatan kemasyarakatan seperti itu.


Demikian halnya Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa tugas Babinsa dalam pembinaan teritorial pada intinya mengajak bersama-sama masyarakat untuk meningkatkan kepedulian, kesadaran dan selalu bersatu untuk menyelesaikan permaslahan apapun dilingkungannya, utamanya permasalahan lingkungan seperti itu, itulah peran Babinsa sebagai motivator masyarakat. (sis24) asmin/red   

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda