sponsor

sponsor
Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Polkam

Agraria

Polkam

Megapolitan

Bisnis

Hukrim

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Regional

Seni Budaya dan Hiburan

Laras Jatim

Kesehatan

» » BPN Banyuwangi Serahkan Sertipikat PTSL

BPN Banyuwangi Serahkan Sertipikat PTSL
Banyuwangi, Larast Post – Penyerahan sertipikat program pendaftaran tanah sistematis dan lengkap (PTSL) di Desa Karangsari, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, pada Selasa (31/1/2018).

Impian ribuan warga Desa Karang Sari, Kecamatan sempu, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, mendapat kepastian hukum atas hak pemilikan tanah berupa sertifikat hak milik akhirnya terwujud.

Melalui program PTSL, warga menerima sertipikat tanah yang diserahkan langsung Kepala Seksi Pengadaan Tanah BPN Banyuwangi, Yanto Mulyanto di lapangan Desa setempat, pada Selasa (31/1/2018).

Pantauan Larast Post, hadir pada kesempatan itu, Muspika Kecamatan Sempu, seluruh Kepala Desa Se-Kecamatan Sempu dan beberapa tokoh masyarakat.

Yanto Mulyato selaku ketua tim satu program PTSL 2017 Kecamatan Sempu menyampaikan, sertipikat yang dibagikan itu berjumlah 1.126 bidang tanah dari total keseluruhan 3.045 bidang tanah yang disertakan pada program PTL tersebut. “Sejumlah 1.126 bidang tanah semua sudah tuntas bersertipikat,” ucap Yanto.

Ia menyampaikan apresiasi kepada pelaksanaan program ini, seperti pokmas yang sudah melengkapi segala keperluan dengan sangat cepat sehingga semua berjalan nyaris tanpa kendala.

Kepala Desa Karangsari, Moh Soleh berharap masyarakat bisa memanfaatkan sertipikat ini dengan baik, seperti bisa untuk menambah modal usaha, sehingga bisa meningkatkan perekonomian.

"Di desa kami ada sekitar 2000 bidang tanah yang belum mempunyai kepastian hokum. Semoga saja tahun 2018 kami tetap di beri kepercayaan melaksanakan program ini agar seluruh warga desa karangsari bisa memiliki sertifikat atas tanahnya," harapnya.

Sementara itu Ketua Pokmas Karangsari, Mohammad Makrus mengucapkan, terimakasih kepada pihak terkait yang mendukung pelaksanaan program PTSL di desanya, sehingga berjalan dengan lancar.

"Kami berharap program PTSL yang akan datang punya regulasi yang jelas,agar kami sebagai pelaksana di bawah bisa nyaman,aman dalam bekerja," harapnya.
Desa Gendoh Terima Sertipikat

Sebelumnya Kantor Pertanahan Kabupaten Banyuwangi juga menyerahkan sertipikat program PTSL  kepada warga di Pendopo Kantor Desa Gendo Kecamatan Sempu,  pada Selasa (6/1/2018).

Pada kesempatan itu hadir ratusan warga Desa Gendo memadati lokasi pembagian sertifikat tanah dan bangunan sebanyak  600 bidang tanah dalam program PTSL untuk tahap pertama.

Program PTSL tersebut merupakan penyempurnaan dari program proyek operasi nasional agraria atau yang lebih di kenal dengan sebutan prona. Hal itu sesuai dengan peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala badan Pertanahan Nasional Momor 35 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap.

Pada kesempatan itu, Badan pertanahan nasional (BPN) Kabupaten Banyuwangi yang diwakili petugas BPN Lilik Handayani.

Kades Gendoh Faidzin mengukapkan, dirinya sagat lega atas suksesnya program PTSL di desanya. “Alhamdulillah  selama ini proses sertifikasi berjalan lancar ,semoga penyelesaian sertifikat melalui PTSL sesuai dengan target baik kuota maupun waktunya,untuk kedepanya ia berharap tidak ada lagi tanah maupun bangunan di desanya yang tidak bersertifikat," ucapnya.

Camat sempu  Kholik Askandar  yang turut hadir dalam pembagian sertifikat program PTSL juga merasa sangat bangga atas kesuksesan program tersebut. “Saya selaku camat sempu mempunyai kewajiban untuk turut hadir menyaksikan penyerahan sertifikat tanah hari ini,sungguh ini merupakan program yang sangat bagus,” ucap Kholik.

Kholik mengakui, program ini sangat membatu masyarakat meciptakan situasi kondusif sosial kemasyarakatan, minimal sengketa tanah tidak akan terjadi karena semua tanah hak warga punya bukti hak kepemilikan yang sah menurut hukum Negara. “Secara keseluruhan masyarakat puas atas pelayanan yang di berikan BPN banyuwangi," pungkasnya. (Sutik)


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Silahkan berikan komentar anda