sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Seni Budaya dan Hiburan

Agraria

LARAS JABAR

Selebrity

Pendidikan

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Rapat Koordinasi Sukseskan PTSL

 Rapat koordinasi dengan Pemerintahan Kabupaten Bekasi

Bekasi, Larast Post – Guna mensukseskan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi menggelar rapat koordinasi dengan Pemerintahan Kabupaten Bekasi, pada Selasa (6/2/2018) di Hotel Horison, Jababeka, Cikarang Utara.

Kepala Kantor BPN Kabupaten Bekasi, Deni Santo menyebutkan, rapat koordinasi Proyek Strategis Nasional (PSN) PTSL ini, agar terjalin sinergitas seluruh unsur terkait, sehingga pelaksanaan PTSL pada tahun 2018 dapat berlangsung sesuai target yang telah ditentukan.

“Ini (PTSL-red) program pemerintah pusat, alangkah baiknya dilakukan bersama- sama. Ini bentuk nyata program bersama Presiden Jokowi, jadi semua unsur saling terlibat dan saling membantu,” ujarnya.

Ia menjelaskan, masyarakat yang mendaftarkan tanah melalui PTSL tidak dikenakan PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) dan bebas biaya ukur.

Namun untuk memenuhi persyaratan sertipikasi tanah melalui PTSL, masyarakat dikenakan biaya sebesar Rp150 ribu, untuk biaya pemasangan patok, materai dan biaya kepengurusan berkas persyaratan.

Deni menjelaskan, biaya tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri, yakni Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Menteri Dalam Negeri, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor : 25/SKB/V/2017, Nomor : 590-3167A tahun 2017 dan Nomor 34 tahun 2017, tentang Pembiayaan Persiapan Pendaftaran Tanah Sistematik.

Lebih lanjut Deni mengatakan, salah satu hambatan yang sering dikeluhkan masyarakat adalah Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Sebab itu, dia berharap, Pemerintah Kabupaten Bekasi dapat membebaskan BPHTB bagi masyarakat yang akan mendaftarkan tanah melalui PTSL. “Tadi saya juga sudah sampaikan kepada Pak Sekda dan Ketua Dewan terkait itu,” tegasnya. 
(h nursin. hm)



«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda