sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

Bisnis

LARAS JATENG

Olah Raga

Seni Budaya dan Hiburan

Pendidikan

Selebrity

E-Papper

» » RSUD Bangil Menambah Unit Mesin Cuci Darah

Salah satu Mesin Cuci Darah yang di operasionalkan
Pasuruan, Larast Post - Sejak dibuka pelayanan cuci darah (Hemodialisa) sekitar 2 tahun yang lalu, pasiennya selalu penuh dan menyisakan daftar tunggu yang panjang. Pada saat pertama dibuka , mesin cuci darah yg dioperasionalkan berjumlah 4 unit dan bisa melayani 12 pasien.

Pertengahan tahun 2017 yang lalu, sift penjagaan ruangan ditambah yaitu pagi dan sore . Sehingga jumlah pasien yg bisa dilayani bertambah menjadi 24 orang. Walaupun demikian daftar antrian masih cukup panjang,  yaitu ada 43 orang. Oleh karena itu per 1 Pebruari 2018 kemarin mesin cuci darahnya ditambah 3 unit lagi sehingga bisa melayani 47 pasien .

Jumlah penderita gagal ginjal yg membutuhkan cuci darah di Kabupaten Pasuruan terus meningkat tiap tahun. Pada akhir tahun 2017 kemarin ada sekitar 96 orang. Yang bisa dilayani RSUD Bangil saat ini hanya 47 orang.  Sisanya dilayani oleh RS Saiful Anwar Malang,  RSUD Sidoarjo dan RS dr Soetomo  Surabaya.

Pelayanan cuci darah RSUD Bangil dilakukan oleh dr Budi Santoso,  Sp PD,  FINASIM dan 6 perawat ahli di bidang Hemodialisa.  Untuk menjaga mutu pelayanan dilakukan supervisi berkala oleh dr Atma Gunawan, Sp PD, KGH atas rekomendasi PERNEFRI Jawa Timur.

Dengan adanya pelayanan cuci darah di RSUD Bangil maka warga Kabupaten Pasuruan dan sekitarnya bisa sangat terbantu terutama bagi penderita gagal ginjal. Mereka bisa cuci darah dengan teratur, mudah dan murah karena biaya cuci darah ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan .

Selama ini pasien gagal Ginjal yang berobat di RSUD Bangil ada yang sudah menjalani cuci darah selama 9 tahun. Cuci darah seminggu bisa 2 kali . Pasien itu tetap bugar dan bisa bekerja jualan di Pasar sebagaimana orang lain tanpa ada ganggauan kesehatan .

Penyakit gagal ginjal bisa menyerang segala umur.  Dari anak-anak sampai usia lanjut.  Penyebab terbanyak karena komplikasi dari Diabetes Mellitus (kencing manis) dan Hipertensi (darah tinggi) , oleh karena itu dianjurkan menerapkan Pola Hidup Sehat (PHS) dalam kehidupan sehari hari . (dul)



«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda