sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

Bisnis

LARAS JATENG

Olah Raga

Seni Budaya dan Hiburan

Pendidikan

Selebrity

E-Papper

» » Asah Ilmu Jurnalistik, Ciptakan Budaya Maritim Melalui Edukasi Anak Bangsa



Jakarta, Laras Post -  (1 Maret 2018) Personel Humas Bakamla RI memperdalam ilmu komunikasi dan jurnalistik bersama Wapemred Kompas TV Yogi Arief Nugraha. Komunikasi berkaitan dengan edukasi anak menjadi salah satu contoh yang disampaikan pada kegiatan pelatihan Kehumasan hari kedua, di Ruangan Lt. 5 Kantor Pusat Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, kemarin.

Mengutip kalimat Frank Jefkins, pengarang buku  'Public Relations', Yogi Arief mengatakan, media relations adalah usaha untuk mencapai publikasi atau penyiaran secara maksimal atas suatu informasi atau pesan organisasi atau lembaga agar tercipta pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak atau publik. Sementara itu, Humas Bakamla RI dalam pelaksanaan tugas sehari hari akan sering bersentuhan dengan situasi terkait jurnalisme, dan berhubungan dengan berbagai media.

Selanjutnya dikatakan,  Ilmu komunikasi adalah soal bagaimana orang bisa memahami apa yang kita lakukan. Untuk menyampaikan apa yang telah dilakukan organisasi, salah satunya melalui proses exhibition. Bakamla RI, katanya, juga bisa mengedukasi anak-anak untuk mengenal, dan memunculkan kreativitas mereka terkait Bakamla RI, contohnya melalui story telling. Hal itu bisa dilakukan misalnya dengan kunjungan ke sekolah-sekolah.
 
Menurutnya, kreativitas anak-anak yang akan muncul ketika mereka mengenal dan memahami sesuatu, dalam hal ini Bakamla RI dan segala hal yang berkaitan dengan laut, dan tugas fungsi Bakamla RI dalam  keamanan dan keselamatan laut, bisa menciptakan kreativitas sangat tinggi. Hal ini selain menguntungkan instansi, sekaligus juga mendidik generasi penerus bangsa untuk mencintai maritim dan menanamkan budaya maritim.

Pelatihan kehumasan yang dilaksanakan selama empat hari sejak 27 Februari hingga 2 Maret ini diikuti seluruh personel Humas Pusat dan daerah serta perwakilan Direktorat Datin. Sesi hari kedua diisi pula oleh instruktur dari Pos Kota yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi Kompetensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Drs. H. Kamsul Hasan, S.H., M.H., melanjutkan materi pencarian sumber berita melalui praktek konferensi pers dan doorstop serta praktek penulisan berita. Pada hari yang sama pelatihan juga diisi oleh Kepala Peliputan Kompas TV Alexander Wibisono yang membawakan materi tentang Jurnalistik TV. (her,sg/Humas Bakamla RI)


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda