sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

Bisnis

LARAS JATENG

Seni Budaya dan Hiburan

Selebrity

Pendidikan

Olah Raga

Jadwal PD 2018

Update Hasil Pertandingan Piala Dunia 2018

Klasemen Piala Dunia 2018

» » Dewan Pers Akan Terapkan UKW Berjenjang

Hendry Ch Bangun saat menyampaikan sambutan pada sosialisasi Peraturan Dewan Pers 

Jakarta, Larast Post – Dewan Pers akan mewajibkan wartawan untuk mengikuti Uji Kompetensi secara berjenjang mulai tahun 2019 nanti.


Anggota Dewan Pers, Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Profesi, Hendry Chairudin Bangun mengatakan, seluruh Perusahaan Pers dan Organisasi Wartawan yang telah lulus verifikasi Dewan Pers sebelum  berlakunya Peraturan Dewan Pers Nomor 4/Peraturan-OP/XII/2017 Tentang Standar  Kompetensi Wartawan (SKW), wajib menentukan jenjang kompetensi dan mengikutsertakan wartawannya untuk uji Kompetensi Wartawan paling lambat 31 Desember 2018.

“Terhitung sejak tanggal  1 Januari 2019, wartawan wajib mengikuti Uji Kompetensi secara berjenjang mulai dari Jenjang Kompetensi Muda, Kompetensi Madya dan  Kompetensi Utama,” ujarnya saat Sosialisasi Peraturan Dewan Pers tentang Standar Kompetensi Wartawan, Selasa (27/3/2018), di Aula Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta

Sebab itu, terang Hendry, tahun ini merupakan kesempatan bagi pemimpin redaksi untuk ikut Kompetensi Utama, jika tidak maka harus mengikuti uji kompetensi secara berjengjang mulai dari Kompetensi Muda.

Hendry juga menghimbau kepada seluruh jajaran awak media baik cetak, online dan elektronik untuk segera mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada setiap jenjang insan pers masing masing. "Saya berharap kepada seluruh wartawan baik di Jakarta apalagi daerah untuk segera mengikuti uji kompetensi, terlebih pemerintah daerah saat ini menseleksi wartawan mana yang profesional dan mana yang hanya sekadar mencari "kasus" (oknum wartawan)," pungkas Hendry kepada Laras Post usai acara sosialisasi itu.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pers Ahmad Djauhar mengatakan, bagi wartawan yang sudah memiliki pengalaman paling sedikit 25 tahun sebagai wartawan, Dewan Pers dapat memberikan sertifikasi kompetensi utama. “Itu diatur dalam Ketentuan Peralihan Peraturan Dewan Pers Nomor  4/Peraturan-OP  /XII/20 17 Tentang, Standar  Kompetensi Wartawan,” tegas Djauhar. (her, sg, ram)




















«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda