sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

Olah Raga

LARAS JATENG

Seni Budaya dan Hiburan

Agraria

LARAS JABAR

Selebrity

Pendidikan

» » Dewan Pers Pacu Wartawan Ikuti UKW



Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo foto bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P
Jakarta, Larast Post – Guna meningkatkan  kualitas  dan  profesionalitas  wartawan, Dewan Pers terus pacu wartawan untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). 

Dalam rangka itu, Dewan Pers akan melaksanakan sosialisasi Peraturan Dewan Pers No 4/Peraturan-DP/XII/2017 tentang Standar Kompetensi Wartawan, pada Selasa (27/3/2018) di Hall Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih 32-34 Jakarta Pusat.

Standar Kompetensi Wartawan sendiri bertujuan, meningkatkan  kualitas  dan  profesionalitas  wartawan, menjaga  harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya in telektual, menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers, menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers, menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan, dan menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik.

Pendahuluan Lampiran Peraturan Dewan Pers Nomor 4/Peraturan-OP/XII/2017 Tentang Standar Kompetensi Wartawan, diantaranya menyebutkan, dalam melaksanakan tugasnya wartawan harus memiliki standar kompentensi yang memadai dan disepakati oleh masyarakat pers. 

Standar kompetensi ini menjadi alat ukur profesionalitas wartawan, Standar kompetensi wartawan diperlukan untuk melindungi kepentingan publik dan hak pribadi masyarakat. Standar ini juga untuk menjaga kehormatan pekerjaan wartawan dan bukan untuk membatasi hak asasi warga negara menjadi wartawan.
Ketua PWI Cabang DKI Jakarta Endang Werdiningsih saat menyampaikan sambutan pada acara Orentasi Calon Anggota PWI Jaya di Markas PWI Jaya

Sementara itu, guna mendukung Standar Kompetensi Wartawan (SKW) yang menjadi program Dewan Pers, PWI Cabang DKI Jakarta, belum lama ini, telah menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) selama 3 hari yakni, pada Jumat hingga Sabtu (23-25/3/2018) di Sekretariat PWI Jaya.

Media Terbanyak Di Dunia
Sebelumnya, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, saat puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2018, pada Jumat (9/2/2018), di Padang mengungkapkan, Indonesia memiliki media masa terbanyak di dunia, yakni sekitar 47.000 media yang terbagi media cetak, radio, televisi dan media online.

Namun, menurut Yosep, dari media sebanyak itu, hingga saat ini baru terdaftar sekitar 14 ribu orang wartawan yang memiliki kompetensi.

Melihat kondisi seperti ini, nampaknya pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) harus terus ditingkatkan sehingga Standar Kompentensi Wartawan (SKW) sesuai kesepakatan masyarakat pers dapat tercapai. (her, sg, ram)






«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda