sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Megapolitan

Polkam

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

LARAS JATENG

Olah Raga

Bisnis

Seni Budaya dan Hiburan

Selebrity

» » KTP Jakarta Dapat Mengurus SIM di Bekasi

Hindari Calo, Saat ini Polri Lebih Baik Dalam Melayani Masyarakat
Tanda Bukti pembayaran SIM.

Bekasi, Larast Post - Polisi Republik Indonesia (Polri) terus berbenah dalam melayani masyarakat, salah satunya dengan mempermudah layanan penerbitan SIM (Surat Ijin Mengemudi).

Sejak Januari 2018 pihak jajaran Polda Metro Jaya meluncurkan layanan penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) berbasis jaringan (daring/online). Layanan SIM secara online menerima pemohon dari luar domisilinya sesuai yang tercantum di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"SIM online sudah dilaksanakan serentak di beberapa Satpas se Indonesia. Pada saat launching tahun 2014 sebanyak 45 satpas dan saat ini sudah terlaksana di 200 Satpas se-Indonesia," ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra di Jakarta, pada Januari lalu.

SIM online ini maksudnya adalah jaringan Satpas yang tersebar di seluruh Indonesia sudah terhubung satu sama lain. Perpanjangan atau pembuatan SIM dapat dilakukan di semua Satpas yang telah online tanpa harus melihat KTP domisili.

"Online untuk registerasi atau disebut registerasi SIM online yaitu cara mendaftar SIM melalui web base yang disiapkan korlantas Polri yaitu www.korlantas.polri.go.id," ujar Halim.

Untuk memudahkan pemohon SIM untuk mendaftar dan membayar PNBP SIM kapan pun dan dimana pun juga.

Caranya cukup mudah, yaitu cukup membuka situs www.korlantas.polri.go.id lalu isi file yang tersedia dan lakukan pembayaran. Setelah semua sudah dilengkapi, pemohon akan mendapatkan nomor registerasi (nomor registerasi digunakan untuk daftar ulang di Satpas)

Hal itu seperti yang dialami salah seorang warga DKI Jakarta, berdomisili di Kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung Kota Jakarta Timur, Yani mengurus penerbitan SIM C (Roda dua) di Polres Metro Bekasi Kota.

Yani mengatakan sebelumnya dirinya daftar secara online melalui www.korlantas.polri.go.id setelah itu memiilih pendaftaran SIM Baru, dan memilih Polda Metro Jaya selanjutnya memilih Polres Metro Bekasi Kota.

"Sebelumnya saya tidak tahu bahwa KTP Jakarta bisa membuat SIM di mana saja, saya dikasih tahu Kakak saya bahwa KTP domisili Jakarta bisa mendaftarkan pembuatan SIM di Satpas SIM Polres Metro Bekasi Kota," ucap Yani kepada Laras Post, Jumat (16/03) siang.

Setelah mendaftar online, Kamis (15/03), keesokan harinya, Jumat (16/03), Yani mendatangi Satpas SIM Polres Metro Bekasi Kota yang beralamat Jalan Pramuka No.79, Marga Jaya, Bekasi Selatan_ (bersebelahan dengan Gedung Pengadilan Negeri Kota Bekasi).

Setelah tiba di Polres Metro Bekasi Kota Yani diarahkan petugas menuju klinik dokter polisi untuk mendapatkan Surat Kuning (Keterangan Kesehatan dari dokter polisi) yang berada di sebelah Timur gedung Polres Bekasi. Pada tes kesehatan Yani hanya membayar biaya administrasi Rp. 25.000,-

Setelah mendapatkan kartu kuning Yani menuju loket 1 untuk membayar Asuransi Rp.30.000,- dan membayar PNBP Rp.100.000,- serta mendapatkan Surat Biru (Formulir Pendaftaran SIM).

Namun sayang, kata Yani, pendaftaran melalui online di Polres Metro Bekasi Kota belum dapat dilakukan jadi tetap harus mengulang isi Formulir pada Surat Biru tersebut.

Setelah diisi Formulir berwarna biru itu, kata Yani, diserahkan ke Loket 2 untuk mendapatkan nomor antrian, tak berselang lama dipanggil beberapa orang dalam nomor antrian tersebut untuk menuju ruang photo, sidik jari dan tanda tangan.

Masih menurut cerita Yani, setelah melakukan photo selanjutnya menuju ruang uji teori yang berbasis komputerisasi. Setelah dikatakan lulus menempuh ujian teori komputer selanjutnya Yani diarahkan menuju lokasi uji praktek kendaraan. Jika lulus pada uji praktek SIM langsung dicetak bila tak lulus harus diulang minggu depan.

Itulah pengalaman Yani yang melakukan pendaftaran pembuatan SIM di lokasi di luar domisilinya yaitu dilakukan di Kota Bekasi. 

"Menurut saya saat ini masyarakat tak harus bingung untuk membuat SIM datang saja ke Satpas SIM terdekat dari wilayahnya masing masing, seperti saya KTP Jakarta tapi bisa membuat SIM di Bekasi. Dan juga tanpa bantuan calo," ucap Yani ketika di wawancara Laras Post. (Sg)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda