sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Pendidikan

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Presiden Jokowi: Persiapan MotoGP 2021 Sirkuit Sentul Dihidupkan Kembali

Presiden Jokowi ketika menyatakan pemerintah memberikan dukungan penuh Sirkuit Sentul dihidupkan kembali.

Bogor, Larast Post - Presiden Joko Widodo mengunjungi arena balapan Sirkuit Sentul usai menyerahkan sertipikat Program PTSL kepada warga Bogor di halaman parkir Sirkuit Sentul, Bogor, Selasa (6/03).

Pada kesempatan itu kendaraan RI 1 yang ditumpangi Presiden Jokowi menjajal arena track sirkuit sentul diiringi kendaraan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Pagi ini saya diajak Pak Tinton dan Mas Ananda Mikola untuk melihat Sirkuit Sentul dan menjajajal track sirkuit ini. Pak Tinton menyampaikan kepada saya bahwa sirkuit ini akan dihidupkan kembali pada gelaran Internasional MotoGP di tahun 2021," ucap Presiden ketika memberikkan keterangan Pers didampingi Pengelola Sirkuit Sentul Tinton Soeprapto dan Pembalam internasional Ananda Mikola.

Jokowi juga mengatakan bahwa sirkuit Sentul tersebut akan upgrade (direhab) kembali, namun tentunya yang membangun pihak swasta. "Pembiayaannya dari swasta, nanti akan diperbaiki lagi di-upgrade lagi, semuanya dari swasta. Pemerintah hanya mendukung dan merestui ajang MotoGP digelar di sirkuit Sentul ini," ucap Presiden. 

Kendaraan RI 1 beserta rombongan ketika menjajal track sirkuit Sentul.

Jokowi menyebutkan bahwa dihidupkannya kembali Sirkuit Sentul Go Internasional itu merupakan ide yang bagus. "Digelarnya kembali ajang MotoGP di sirkuit Sentul ini tenakan meningkatkan ekonomi di bidang wisata. "Terutama dapat mempromosikan dunia wisata Indonesia ke dunia internasional," harap Jokowi.

Sementara itu pembalap internasional Ananda Mikola mengatakan, gelaran MotoGP itu bila perlu secepatnya digelar pada 2020."Yang penting kita punya mimpi bahwa Indonesia mampu," ucap Ananda ketika mendampingi Presiden Jokowi.

Pada kunjungan tersebut turut mendampingi Presiden, Kepala Staf Presiden Jenderal (Purn) Moeldoko, Teten Masduki, Danpaspampres Mayjen Suhartono yang turut mengawal Presiden. 

Pernah Menjadi Terbaik Kedua Se-Asia setelah Jepang
Perlu diketahui Sirkuit Internasional Sentul adalah sebuah sirkuit balap yang terletak di desa Sentul, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Sirkuit ini sering digunakan untuk menyelenggarakan balap motor, ajang Asian F3, ajang A1 Grand Prix, ajang GP2 Asia dan tercatat pernah menjadi penyelenggara MotoGP hingga tahun 1997.

Usaha dalam membangun sirkuit Formula Satu kedua di Asia setelah Jepang adalah di Indonesia, sekitar 25 tahun yang lalu ketika Hutomo Mandala Putra, putra presiden RI kala itu H.M. Soeharto - mempelopori pembangunan sebuah sirkuit di Sentul.

Dengan panjang 4,12 kilometer, Sirkuit International Sentul diharapkan dapat menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara penyelenggara Formula Satu, hingga akhirnya pada tahun 1997, krisis moneter di Asia menyebabkan hal tersebut menjadi tidak mungkin dilaksanakan. Rampung pada tahun 1994, fasilitas yang ada kini telah sedikit tertinggal oleh perkembangan zaman, hingga menyebabkan sirkuit tak cocok lagi untuk menyelenggarakan ajang yang super cepat sekelas F1.

Namun, sirkuit ini tetap cocok bagi pembalap untuk berkompetisi di ajang Asian Formula 3 Super Series. Setelah diadakan sejumlah perbaikan di beberapa bagian sirkuit untuk mencapai standar yang ditetapkan FIA untuk menyelenggarakan balapan seperti A1 Grand Prix. Tingkat 2 (tingkat 1 adalah standar untuk menyelenggarakan balapan sekelas F1) maka sirkuit sentul akhirnya dapat menyelenggarakan A1 Grand Prix selama dua musim (2005-06 dan 2006-07).(her, sg)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda