sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

Bisnis

LARAS JATENG

Seni Budaya dan Hiburan

Selebrity

Pendidikan

Olah Raga

Jadwal PD 2018

Update Hasil Pertandingan Piala Dunia 2018

Klasemen Piala Dunia 2018

» » Polisi Ungkap Pembobol ATM BRI

ATM BRI
Jakarta, Larast Post – Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya meringkus lima pelaku pembobolan Bank Rakyat Indonesia (Tbk).

Kasus SKIMMING di Yogyakarta dan Bandung itu, berhasil diungkap setelah team Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, bersama team Subdit Resmob Polda  Metro Jaya unit 4 dibawah pimpinan Kanit AKP. Rovan Richard Mahenu S.IK, M.SI, hunting selama 1 minggu.

Empat dari lima terduga pelaku pembobolan Bank Rakyat Indonesia (Tbk) itu, merupakan warga negara Rumania, yakni  Caitanovici Andrean Stepan, (28) No Paspor ROU 054888923, Raul Kalai Als Lucian Meagu (28) No Paspor ROU 053858720, Ionel Robert Lupu (28) No Paspor ROU 054613859, Ferenc Hugyec (27) No Paspor HUN BJ0278495.

Sementara terduga pelaku lainnya seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yaitu, Milah Karmilah, kelahiran Bandung, pada 27 Agustus 1988.

Kelimanya ditangkap di tempat terpisah yakni di DE PARK Cluster Kayu Putih Blok AB 6 No.3 Serpong Tanggerang, Bohemia Vilage 1 No.57 Serpong Tanggerang, Hotel Grand Serpong, Tangerang, dan Hotel De’ Max Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat.

Terduga pelaku telah memulai aksi membobol bank sejak tahun 2017 lalu, dengan menggunakan alat skimmer dan seperangkat alat pendukung lainnya, kemudian memasangnya di berbagai ATM di sekitar wilayah Bali, Bandung, Jogjakarta, Tangerang, dan Jakarta. 

Data yang di dapat dari alat skimmer digandakan di kartu atm kosong kemudian digunakan dengan cara datang ke atm, memasukkan nomer pin, selanjutnya para tersangka menarik tunai uang yang ada di atm. Hasil dari uang tersebut digunakan untuk keperluan sehari hari.

Sejak mendapatkan informasi kejadian tersebut 1 (satu) tim unit 4 subdit 3 Resmob melakukan pengecekan tkp, rekaman CCTV dan melakukan introgasi saksi saksi, selanjutnya melakukan penangkapan kepada tersangka.

Sehubungan dengan dugaan terjadinya insiden skimming di Kediri, BRI sedang melakukan investigasi internal, baik atas jumlah kerugian nasabah maupun sistem keamanan internal kami. Kami juga telah melaporkan hal ini kepada pihak berwajib.

BRI akan bertanggungjawab penuh terhadap kerugian yang dialami nasabahnya apabila hasil investigasi menunjukkan bahwa terbukti skimming.

BRI juga telah mengambil langkah preventif untuk mengantisipasi terjadi hal serupa dengan berbagai langkah yang utamanya dalam rangka untuk mengamankan uang nasabah baik dari sisi teknologi maupun kebijakan. BRI juga terus menghimbau nasabah agar mengganti PIN secara berkala.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan polisi diantaranya, 1 (satu) buah Deepskimmer, 1 (satu) buah Encoder, 3 (tiga) buah Spy Cam, 1.447 buah kartu ATM yang telah diisi dengan data curian, 21 kartu ATM Member Card, 2 buku Paspor atas nama Andrian Steven Caitanovici (rumania) & Ferenc Hugyec (hungaria), 4 buah Kanopi Pin Pet, 6 SD Card merek sundisk dan lainnya. (her)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda