sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

Bisnis

LARAS JATENG

Seni Budaya dan Hiburan

Pendidikan

Selebrity

Olah Raga

Update Hasil Pertandingan Piala Dunia 2018

Klasemen Piala Dunia 2018

» » Rencana Kerja Tahun 2019 Sekretariat DPRD Kota Depok

Gedung DPRD kota Depok

Depok, Larast Post - Forum Rencana kerja Perangkat Daerah adalah kegiatan yang di laksanakan perangkat Daerah (PD) Pemerintah Kota Depok untuk membahas rencana pelaksanaan tugas dan fungsi PD pada periode 1 tahun ke depan yang memuat tentang tujuan, sasaran dan program serta kegiatan yang disusun dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsi yang diperlukan dalam bentuk sasaran dan kebijakan berdasarkan dana ( Pagu indikatif yang disediakan. Berdasarkan undang undang no : 25 th 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan peraturan pemerintah no: 08 th 2008 tentang rencana kerja pembagunan daerah (RKPD) yang adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode 1 (satu) tahun kedepan, maka berkaitan dengan itu pada hari Rabu 21 Feb 2018 sekertariat DPRD kota Depok melaksanakan forum Renja PD yang di hadiri oleh unsur pimpinan dan anggota DPRD Kota Depok beserta jajaran sekertariat DPRD Kota Depok, asisten pemerintaan Kota Depok Agus suherman dan sebagai narasumber adalah ketua Bappeda Kota Depok Widyati Riandini, Budi Chaerudin dari Inspektrat dan Wahid Suryanto dari badan keuangan Daerah Pemerintah Kota Depok.

Forum Renja Perangkat Daerah sekretariat DPRD di buka oleh wakil ketua DPRD Kota depok H.M. Supariono,A.Md.Ak dalam sambutannya mengatakan bahwa forum renja PD ini merupakan bagian dari tidak lanjut rapat kerja penyusunan renja DPRD yang dilaksanakan di Bogor beberapa waktu yang lalu, pada tahun 2019 nanti merupakan tahun ke-3 dari 5 th Pemerintahan kota Depok dalam mewujudkan visi dan misi. Dari hasil evaluasi yang telah ditentukan, maka masih banyak hal yang ditemukan adanya kekurangan dalam mewujudkan visi dan misi tersebut sehingga th 2019 nanti harus ditetapkan sebagai momen yang penting meningkatkan kinerja untuk dapat mewujudkan Kota Depok yang unggul,nyaman dan religius.

Sesuai amanat Permendagri no : 54 Th 2010 tentang pelaksanaa peraturan pemerintah no : 8 th 2018 tentang tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembagunan daerah, menjelaskan bahwa rencana kerja sekertariat DPRD merupakan program atau kegiatan yang berasal dari usulan kegiatan sekertariat DPRD serta usulan prgram dan kegiatan keterwakilan dari masyarakat melalui DPRD kota depok berupa pokok pokok pikiran (okir) DPRD  Depok yang terangkum kedalam seluru urusan kewenangan pemeritah ditingkat Kota yang kemudian dirumuskan dan ditetapkan dalam dokumen rencana kerja pembangunan daerah (RKPD). Dengan demikian maka  dokumen Renja setwan merupakan dkumen yag sangat penting dan strategis.

Yang paling penting dalam kegiatan ini adalah penyusunan pokok pokok pikiran dari paraanggta DPRD kota Depok yang merupakan aspirasi dari masyarakat yang diperoleh melalui kegiatan reses maupun aspirasi hasil musrembang dan aspirasi saat pelaksanaan rapat dengar pendapat dengan masyarakat maupun stakeholder terkait dapat diakomodir. Mekanisme dan tata cara penyusunan pokir dan penginputannya agar dapat dilaksanakan dengan baik sehingga aspirasi yang masuk ke dalam kategori skala prioritas dapat terealisasi pelaksanaannya untuk kepentingan dan keseahteraan masyarakat kota Depok.
Forum Renja PD sekretariat DPRD kota Depok merupakan forum untuk melakukan pembahasan tentang kegiatan kegiatan dan sinkronisasi atau usulan usulan kegiatan dari anggota DPRD kota Depok yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 kemudian akan dituangkan dalam dokumen rencana kerja pembangunan daerah (RKPD), dan melalui RKPD ini pemerintah kota Depok akan dijadikan sebagai salah satu dasar untuk penyusunan kebijakan umum anggaran dan prioritas, plafon anggaran sementara (KUH&PPAS).

Maksud dan tujuan forum renja PD sekretariat DPRD kota Depok adalah mengacu kepada RPGND kota Depok th 2016-2021 yaitu membuat program kerja untuk pelaksanaan kegiatan berikutnya yang memberikan landasan dan arah kebijakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi sekretariat DPRD kota Depok dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran yang tercermin dalam visi dan misi sekretariat DPRD kota Depok yaitu visi “terwujudnya pelayanan yang optimal pada sekretariat DPRD kota Depok dalam rangka mendukung peningkatan peran dan fungsi DPRD” sedangkan misinya adalah: 1).merumuskan kebijakan penyelenggaran administrasi keuangan, mendukung tugas dan fungsi DPRD dan menyediakan serta mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, 2). Melaksanakan urusan tata usaha,kepegawaian, rumah tangga, perjalanan dinas serta urusan protokol dan kehumasan, 3). Melaksanakan dan mengkoordinasikan penyusunanrencana anggaran dan pembinaan administrasi keuangan di lingkungan sekretariat DPRD, dan 4). Melaksanakan analisis penyiapan pembuatan risallah rapat, menyiapkan persidangan,pendapat,bahan bakar, tata ruang sidang dan dokumetasi.

Pada tahun anggaran 2019, sekretariat DPRD kota Depok telah menyiapkan 7 program dan 38 kegiatan, adapun ke – 7 program tersebut adalah : 1) peningkatan administrarsi perkantoran, 2) peningkatan sarana dan prasarana aparatur,3) peningkatan kuaitas sumber daya aparatur, 4) peningkatan sistem pelaporan pencapaian kinerja dan keuangan, 5) penigkatan peran dan trifungsi DPRD kota Depok, 6) peningkatan kualitas data dan perencanaan dan, 7)  peningkatan fungsi alat kelengkapan DPRD.

Isu strategis Renja Sekretariat DPRD kota Depok TA. 2019 adalah : a) masih kurang sinergi dalam menanggapi peraturan yang terkait dengan perwal dan peraturan perundangan undangan yang digunakan oleh DPRD dan sekertariat DPRD, b) keterlambatan materi raperda dari eksekutif untuk dibahas di DPRD sehingga waktu pembahasan oleh DPRD menjadi tidak maksimal, c) banyak kegiatan yang terfokus di akhir th anggran sehingga menjadikan kegiatan yang ada tidak tertata dan terprogram sesuai mekanisme anggaran yang ada, d) dinamika politik yang berkembang di lembaga DPRD ikut mewarnai dalam kelancaran pengambilan keputusan. (Vid/Hms)


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda