sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Megapolitan

Polkam

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

Bisnis

LARAS JATENG

Olah Raga

Seni Budaya dan Hiburan

Pendidikan

Wisata

Selebrity

» » Lanud Suryadarma Gelar Simulasi Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Anggota Lanud Suryadarma Ketika Simulasi Penanggulangan Korban Melalui Jalur Udara
Subang, Larast Post - Lanud Suryadarma dengan Latihan Walet Terampil-nya menggelar simulasi penanggulangan atau kesiap siagaan bencana di wilayah Subang Utara, di lapangan Marabunta, Desa Rancasari, Kecamatan Pamanukan, Subang, pada Rabu (18/4/2018).

Dalam simulasinya, Lanud Suryadarma melakukan uji kesiapan disetiap matranya, baik dari darat dan udara, yang dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Suryadarma Marsma  TNI T. Sembiring Meliala, didampingi para pejabat Lanud Suryadarma lainnya.

Danlanud Suryadarma menyampaikan, kegiatan tersebut selain menguji kesiapan personel Lanud Suryadarma, hal itu juga dalam rangka mendukung kesiap siagaan operasi bantuan kemanusiaan penanggulangan bencana alam yang sering terjadi diwilayah Kabupaten Subang, seperti banjir diwilayah pantura dan longsor diwilayah selatan.

Dimana kata Danlanud, kegiatan simulasi atau latihan Walet Trampil  TNI AU Lanud Suryadarma ini dilaksanakan dengan melibatkan semua instansi dan stakeholder yang berhubungan dengan penanggulangan bencana dari pemerintah daerah Kabupaten Subang, mulai dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, BNPB, Damkar, PMI ,Dinkes, dan Tagana Dinsos.

“Paling utama bahwa kegiatan ini sebagai sarana meningkatkan kemampuan personil dan unsur-unsur yang terlibat dalam penanggulangan bencana,”kata Danlanud disela-sela acara. 

"Menurutnya, latihan lapangan sangat penting untuk meningkatkan kordinasi dan kerjasama komponen yang terlibat sehingga hasilnya akan maksimal.

“Untuk itu kami berharap semua unsur berbuat yang terbaik untuk keberhasilan. Kegiatan inipun akan jadi pedoman, sehingga nantinya kita mengerti tahapan dan merasakan dengan sungguh-sungguh perannya dan yang terpenting tetap perhatikan keselamatan,”terangnya. 

Pada kesempatan itu juga Bupati Subang melalui Asda II, H.Komir Bastaman yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten mengungkapkan bahwa kami atas nama pimpinan di jajaran pemerintah Kabupaten Subang, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Lanud Suryadarma dan segenap jajarannya serta unsur yang terlibat kegiatan ini, kami menyambut baik kegiatan Walet Terampil ini yang bekerjasama dengan DPKPB serta Dinas Sosial ini, “katanya.

Dalam pelaksanaanya, Latihan Walet Trampil atau simulasi Penanggulangan bencana TNI AU menunjukan aksi siap tanggap darurat seperti penyebaran bantuan logistik melalui udara, penyelamatan korban bencana melalui udara menggunakan sejumlah unit helikopter EC120 B Colibri, pembuatan dapur umum dan pemberian bantuan kesehatan bagi korban bencana.

Acara tersebut juga menjadi tontonan warga setempat, Hadir juga Kadis DPKPB H. Hidayat,Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 5/D.I Lanud Suryadarma beserta para pengurus PIA Ardhya Garini, Komandan Wing 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Suliono, Para kepala Dinas Lanud Suryadarma, Camat Pamanukan M.Rudi, Kapolsek Pamanukan Kompol Iwan Setiawan, Danramil Pamanukan Kapt Inf.Ernawan, dan PMI Kab.Subang.
Pada akhir kegiatan simulasi di Rancasari, Pamanukan, Lanud Suryadarma pun memberikan sembako kepada masyarakat sekitar dan Linmas yang di berikan oleh jajaran PIA Ardhya Garini Cabang 5 Daerah I Lanud Suryadarma. (Sodikin)




«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda