sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Bisnis

Regional

Hukrim

Laras Jatim

Seni Budaya dan Hiburan

Agraria

LARAS JATENG

LARAS JABAR

Selebrity

Pendidikan

Olah Raga

» » Plt.Bupati Subang dan Komandan Lanud Suryadarma Buka Job Fair di SMK Angkasa 1

Danlanud Suryadarma dan Plt Bupati Subang Ketika Meninjau Stan Job Fair Di SMK Angkasa 1 Kalijati
Subang, Larast Post - Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI T.Sembiring Meliala dan Plt Bupati Subang H.Ating Rusnatim SE secara resmi membuka kegiatan Pameran Bursa Kerja Khusus (BKK) Job Fair yang ditandai dengan pemukulaan goong  , bertempat di SMK Angkasa 1 Kalijati Subang. Selasa (17/4/2018).

Acara job fair tersebut digagas oleh Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) Cabang Lanud Suryadarma bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Subang. Berlangsung selama dua hari 17-18 April 2018, yang diikuti sebanyak 15 perusahaan dengan membuka lowongan pekerjaan sebanyak 2.000 orang pekerja. 

Dalam sambutannya Danlanud menyampaikan, sebagaimana kita ketahui bersama perkembangan ketenagakerjaan di Indonesia khususnya di Jawa Barat dari tahun ke tahun menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Secara umum dapat diketahui bahwa masih banyak terdapat pengangguran, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain, pertumbuhan angkatan kerja yang tinggi, pertumbuhan kesempatan kerja yang masih rendah, pendayagunaan tenaga kerja yang masih rendah dan tingkat pendidikan dan produktivitas tenaga kerja yang masih relatif rendah serta penyebaran penduduk yang tidak merata. 

Menurutnya, ketidak seimbangan yang diakibatkan adanya kesenjangan informasi antara perusahaan pengguna tenaga kerja dengan pencari kerja, seringkali terjadi perusahaan pengguna tenaga kerja sulit mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan jabatan yang tersedia. salah satu upaya untuk menanggulangi ketidak seimbangan masalah ketenagakerjaan yang mengakibatkan masih tingginya angka pengangguran tersebut. 

“Maka dengan adanya kegiatan seperti  job fair inilah saya sangat menyambut baik. Sehingga dengan dilaksanakannya kegiatan job fair ini diharapkan terjadi percepatan pertemuan antara pencari kerja dan pengguna tenaga kerja.  kegiatan ini merupakan sarana pertemuan langsung antara para pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja, di samping sebagai pelaksanaan salah satu fungsi dari pelayanan penempatan tenaga kerja,”kata Danlanud .

Hadir juga pada kesempatan itu perwakilan dari Dirjen Binapenta Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia,  Ketua DPRD Kabupaten Subang Ir Beni Rudiono, Kadisnakertrans Kabupaten Subang H.Asep Nuroni,  Ketua Yayasan Ardhya Garini Ny.Alem Sembiring, Kepala Sekolah SMK 1 Kalijati Mayor Tek Jatmiko, usnur Muspika Kecamatan Kalijati, dan tamu undangan lainnya. 

Oleh karena itu kata Danlanud,  pada kesempatan yang baik ini ia meminta kepada para pengusaha atau pemerintah yang terkait agar pelaksanaan kegiatan job fair ini dapat membekali para pencari kerja mengenai persiapan diri untuk memasuki dunia kerja.

“Dan juga dapat memfasilitasi kalangan dunia usaha dalam mendapatkan sdm yang diperlukan serta memfasilitasi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang layak sehingga nantinya akan saling membangun hubungan yang sinergis dan saling menguntungkan antara bursa kerja khususnya sekolah dengan kalangan dunia usaha yaitu penyedia kebutuhan sdm lulusan yang sesuai kebutuhannya,”tegasnya.

Sementara itu Plt Bupati Subang H.Ating Rusnatim mengapresiasi sekali pelaksanaan job fair yang dilaksanakan oleh yasarini ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu solusi untuk mempertemukan pihak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dan para pencari kerja khususnya para almuni SMK 1 Kalijati dan umumnya masyarakat Subang.  

“Atas terselenggaranya acara  Job Fair ini, Saya ucapkan terimakasih kepada Yasarini Lanud suryadarma, Danlanud suryadarma berserta jajarannya, SMK Angkasa 1, Perusahaan dan Disnakertrans Subang,” kata Ating Rusnatim.

Menurutnya, dalam waktu dekat Kabupaten Subang akan menyambut pembangunan pelabuhan bertaraf internasional patimban yang berada di Subang bagian utara Kecamatan Pusakanagara, Subang. Hal ini tentunya merupakan peluang bagi masyarakat Subang untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan profesional. 

“Untuk itu salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemkab Subang juga melalui penyiapan dan penguatan  Balai Latihan Kerja (BLK) di Disnaker Subang dengan menyerap SDM untuk diberikan pembekalan keterampilan agar mereka siap bekerja,”ujarnya.

Sementara Kadisnakertrans Subang Asep Nuroni berharp, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi pencari kerja, dapat menciptakan peluang kerja, serta diharapkan mampu menyerap angkatan kerja. 

“Berdasarkan data statistik kondisi umum Kabupaten Subang dengan jumlah penduduk 1.540.578 jiwa, penduduk usia kerja 103.798 jiwa sekitar 46%, dan pengangguran mencapai 70.682 4,6%,”katanya.

Ketua Yasarini Cabang Lanud Suryadarma Ny.Alem Sembiring mengungkapkan rasa ucap terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya acara job fair ini. Menurutnya, kegiatan ini sangatlah membantu para pencari kerja khususnya para alumni SMK Angkasa 1 yang belum mendapatkan pekerjaan dan umumnya bagi masyarakat Subang.

“Aacara job fair ini juga merupakan rangkaian kegiatan kami, semoga keberadaan yasarini bisa semakin bermanfaat bagi masyarakat
Subang dan sekitarnya,”tandasnya. 

Sebelumnya tamu undangan juga dihibur oleh pertunjukan oleh Paskibraka  dan Kesenian tari jaipong SMK Angkasa 1 dengan bimbingan kepala sekolah SMK Angkasa tersebut kemudian dilanjutkan dengan meninjau obyek stand Job Fair yang berada di SMK Angkasa 1 Kalijati. (Sodikin)



«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda