sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Seni Budaya dan Hiburan

Agraria

LARAS JABAR

Selebrity

Pendidikan

Pernak Pernik

Olah Raga

» » TMMD 101 Nganjuk Gelar Pelatihan Pengolahan Sampah

Penyuluhan cara kerja mesin pencacah sampah keliling non agitasi Nganjuk (MPSKN Nganjuk).

Nganjuk, Larast Post - Satgas TMMD 101 Nganjuk bekerjasama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk berikan pelatihan pengolahan sampah kepada 35 warga, Rabu (18/04).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Rakidjan, S.Sos Kasi Pemerintahan Kec. Ngluyu, Wisnu Anang Prabowo, SP Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas DLH Nganjuk, Sumadi, ST, M.KL Kasi Pengelolaan Sampah Dinas LH Kab. Nganjuk, Lely Subagyo, S.Pd Kades Ngluyu dan Serma Joko Santoso Bati Ter Kodim 0810/Nganjuk.

Kades Ngeluyu Lely Subagyo mengucapkan
terima kasih dengan adanya sosialisaai pengolahan sampah tersebut sampah yang selama ini menyisakan masalah bagi warga berharap dengan adanya kegiatan itu dapat memberikan manfaat khususnya kepada seluruh masyarakat Ngeluyu.

Kasi Pemerintahan Kec. Ngluyu Rakidjan,
patut bersyukur karena saat ini kecamatan Ngluyu mendapatkan berbagai macam pelatihan baik dari tingkat kabupaten maupun propinsi. "Saya berharap kepada seluruh hadirin yang merupakan perwakilan dari setiap desa agar memperhatikan dengan sungguh sungguh apa yang diajarkan oleh instruktur sehingga bisa ditularkan kepada masyarakat yang lain," ucap Rakidjan.

Sumadi, Kasi Pengelolaan Sampah Dinas LH Kabupaten Nganjuk, mengatakan bahwa pengelolaan sampah ini merupakan peluang usaha untuk menambah penghasilan. "Sampah yang selama ini merupakan permasalahan akan berubah jadi anugerah. Mengurangi volume sampah hingga 68% semisal 1m3 sampah berubah menjadi 0,3 m3," kata Sumadi.

Mengelola sampah dengan baik, melalui program 3R (reduce, reuse, recycle). Tidak hanya itu, lanjut Suwanto Program 3R dinilai telah menjadi landasan upaya pengelolaan sampah secara mandiri oleh masyarakat, dalam rangka mengurangi sampah dan mengambil nilai ekonomis dari sampah.

Kapten Inf Suwanto menambahkan, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 Nganjuk Kecamatan Ngeluyu Kabupaten Nganjuk sebagai wujud kepedulian dan peran serta TNI dalam memberdayakan masyarakat dan desa bukan hanya menitikberatkan pada kegiatan fisik semata, namun juga menyelenggarakan kegiatan non fisik berupa penyuluhan dan ceramah serta kegiatan olahraga.

Selain itu tujuan sosialisasi ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kebijakan pengelolaan persampahan, tentang tempat pengelolaan sampah dengan 3R.

“Sebagai salah satu langkah kita untuk memberikan pembinaan dan sosialisasi kepada masyarakat dengan memberikan berbagai macam cara pengolahan sampah dan barang bekas. Sampah di olah bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (Egi, sg/pendim 0810)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda