sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Pendidikan

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Wabup Mubar Resmikan TMMD Ke 101 Kodim Muna

Wabup Mubar ketika menyerahkan alat perkakas pendukung TMMD ke 101 di Muna Barat kepada sejumlah anggota TNI, Polri dan Satpol PP pada upacara pembukaan, Selasa (4/4).

Muna Barat, Sultra, Larast Post - Wakil Bupati Muna Barat, Achmad Lamani secara resmi membuka Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-101 Kabupaten Muna Barat di lapangan sepak bola Desa Marobea, Kecamatan Sawerigadi Kabupaten Muna Barat (Mubar) Rabu (4/4).

Pada kesempatan tersebut Wabup Muna Barat bertindak menjadi Inspektur upacara pada pembukaan TMMD Kodim 1416/Muna tersebut.

Pada upacara pembukaan TMMD) Ke-101 Muna Barat itu dihadiri Danrem 143/Ho, Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, SIP, didampingi Danlanal Kdi Kolonel Laut P. Iputu Darjatna dan Danlanud  Haluoleo Kendari Kolonel Pnb Nana Resmana SM, Perwakilan Kapolda Sultra AKBP Antonius Danang. Juga Dandenkes Kdi Letkol CKM dr. Junaedi Mustafa Sp.P, Dandenbekang Kdi Letkol Cba Hariyoto, Kasi Intel Rem 143/HO Mayor Inf  Yudi Rombe,  Kapenrem 143/Ho Mayor Inf Azwar Dinata SH dan Pasi Bakti TNI Mayor Arh La Ode Mursalim. 

Danrem 143/Ho, Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, SIP bersama Wabup Mubar letika mengunjungi Madding Dokumentasi TMMD.

Tak hanya itu dihadiri pula para pejabat Muna Barat diantaranya ; Kapolres Muna AKBP Ramos Sinaga, Plh. Dandim 1416/Muna, Mayor Inf Prasetya,  para Kepala SKPD Kabupaten Muna Barat, Para Camat, Para Kades se-Kab. Muna Barat dan Para Perwira Staf dan Danramil Jajaran Kodim 1416/Muna.

Wabup Muna Barat dalam sambutannya menyampaikan permintaan maaf Bupati Muna Barat Drs. Laode Muhammad Rajiun Tumada, M.Si, yang tak bisa membuka TMMD 101 secara langsung mengingat pada waktu yang sama ada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Regional Sulawesi yang dilaksanakan di Gorontalo. 

Wakil Bupati Achmad Lamani menyebutkan, Pemda Muna Barat dalam usianya yang masih muda sudah banyak melakukan pembangunan di segala bidang, baik selanjutnya pada tahun 2018 ini Pemda Mubar kembali melakukan kerjasama dan kemitraan dengan TNI dengan melaksanakan  kegiatan TMMD di wilayah Mubar. 

Dalam TMMD Ke-101 ini ada 18 sasaran fisik yang akan dilaksanakan semuanya tersebar di delapan Kecamatan di wilayah Kab. Muna Barat. Adapun 18 sasaran fisik yang akan dikerjakan tersebut  yaitu, dua proyek di Kecamatan Lawa. Salah satunya proyek pagar SDN 1 Lawa di Desa Latugho dan pembuatan areal parkir wisata di Desa Latugho. 

Juga dua Proyek di Kecamatan Barangka, yaitu pembuatan pagar SDN 10 Barangka di Desa Barangka dan pembuatan pagar SDN 9 Barangka di Desa Barangka. Dua  Proyek di Kec.Tiworo Tengah yaitu pembuatan pagar SDN 3 Tiworo Tengah Desa Suka Damai  dan pembangunan  drainase lingkungan di Desa Sukadami Labokolo. 

Juga empat proyek di Kec. Kusambi, pembuatan pagar SDN 7 Kusambi di Desa Kusambi dan pembuatan pagar SDN 7 Sawergadi di Desa Sawergadi, Tugu pesawat desa Kusambi dan pembuatan jembatan perahu muara.  Serta 4 proyek lagi yang tersebar di 4 Kecamatan yaitu 1 proyek di Kec.Napano Kusambi, pembuatan pos PAD Takumaho di Desa Takumaho. 3 proyek di Kec.Wadaga, pembuatan pos PAD Lindo di Desa Lindo, pembuatan pagar SMP 2 wadaga, Pembuatan pagar SD 8 Wadaga, dan 2 proyek di Kec.Tiworo Kepulauan, yaitu pembuatan pagar SDN 4 Tikep di Desa Tikep dan SMP 1 Tikep dan 1 di Kec.  Sawerigading yaitu pembuatan pagar,  SMPN 1 Sawerigading.

Sedangkan sasaran non fisik yang akan dilaksanakan antara lain, penyuluhan tentang Buta Aksara, sosialisasi bahaya HIV/AIDS, penyuluhan bahaya Narkoba, penyuluhan Kesehatan dan Keluarga Berencana (KB), Penyuluhan Bahaya ISIS, penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan, penyuluhan Bela Negara dan penyuluhan tentang Hukum.

Bupati juga sangat mengapresiasi TMMD yang dilaksanakan TNI, semangat kebersamaan dan gotong royong yang dikembangkan dalam TMMD perlu terus di pertahankan dan dikembangkan. Pemda Mubar meyakini dengan semangat gotong royong dan kebersamaan banyak kemudahan  yang kita dapatkan dalam mengatasi persoalan yang muncul didepan. 

Program TMMD telah memberikan kontribusi nyata dalam mendukung percepatan pembangunan di daerah pedesaan dan sekaligus merawat semangat gotong royong yang merupakan warisan para leluhur bangsa Indonesia. 

Usai upacara pembukaan dimeriahkan demonstrasi pembebasan sandera oleh personel Kodim 1416/Muna, pagelaran tari Reog Ponorogo oleh Sanggar Tari Dinas Parawisata Muna Barat.

Acara berikutnya dilanjutkan pemberian santunan kepada warga di wilayah TMMD yang diberikan oleh Danrem, Danlanal, Danlanud serta unsur Muspida Mubar, rombongan selanjutnya melaksanakan peninjauan ke posko TMMD dan melihat pelaksanaan bakti sosial yang dilaksanakan Satgas TMMD.(sugih/penrem143)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda