sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Bisnis

Regional

Hukrim

Laras Jatim

Agraria

LARAS JATENG

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Selebrity

Pendidikan

Olah Raga

» » Diikuti 146 Peserta, Basarnas Gelar Diklat SAR Tingkat Dasar


Bogor, Larast Post - Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) SAR Tingkat Dasar yang diikuti 146 peserta.

Adapun pelaksanaan Diklat SAR Tingkat Dasar diselenggarakan Balai Diklat Basarnas mulai 12 Maret hingga 04 Mei 2018 di sejumlah tempat antara lain, Balai Diklat Basarnas Jonggol, Kantor Pusat Basarnas, Tebing Tanjungsari, Gunung Salak Bogor dan Buperta Cibubur, Jakarta Timur.

Kepala Balai Diklat Basarnas, M. Barokna Haulah mengatakan, Diklat SAR Tingkat Dasar merupakan program Pendidikan dan Pelatihan yang wajib diikuti seluruh pegawai di lingkungan Basarnas baik dari Kantor Pusat Basarnas maupun dari Unit Pelaksana Teknis Basarnas. 

"Diklat tersebut bertujuan untuk memberikan kompetensi SAR Tingkat Dasar juga embentukan sikap, mental dan kesamaptaan guna menjalankan tugas operasional Basarnas," ucap Kabalaidik Barnas usai penutupan Diklat tersebut pada hari yang sama peresmian Radar Meolut IDMCC di Badiklat Basarnas, Cariu, Jonggol Kabupaten Bogor, Jumat (4/5).

Diklat dibuka dan ditutup Direktur Bina Tenaga Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dan diikuti peserta berasal dari 13 Kantor Pencarian dan Pertolongan.

Adapun ke 13 Kantor Pencarian (Cabang Basarnas) itu antara lain,  Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, Kantor Pencarian  dan  Pertolongan Lampung, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jambi, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkal Pinang dan Kantor Pencarian dan Pertolongan Bengkulu

Juga Kantor Pencarian dan Pertolongan Palembang, Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo, Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate,  Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari,  Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjung Pinang serta Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendar

Dengan menguasai materi yang telah diberikan, para peserta diharapkan dapat melaksanakan tugas sesuai dengan jabatannya masing masing.

Adapun Materi Diklat SAR Tingkat Dasar meliputi, Kebijakan  Umum  SAR  Nasional, Rencana Strategis  SAR  Nasional, Sejarah organisasi  dan  kelembagaan Basarnas, Manajemen operasi  SAR, Aspelg hukum penyelenggaraan  SAR  di  Indonesia, Pembinaan dan Koordinasi potensi SAR, Manajemen Sumber Daya Manusia.
H  Dasar dasar kepemimpinan, Sistem komunikasi SAR, Pengelolaan Administrasi  sarana  dan  prasarana  SAR, Kerjasama  Nasional  dan  internasionai di bidang SAR, Sistem Administrasi perkantoran, Sistem Pengawasan dan Reformasi Birokrasi, Pengelolaan Data dan Informasi Basarnas, Manajemen Keamanan dan Keselamatan Ken'a, Sistem lnformasi dan Kehumasan dan  Sistem pengelolaan keuangan.

Juga diantaranya, Pendidikan bela negara, Pengenalan sistem penanggulangan bencana, Pengenalan Disaster Victim Identification, Pengenalan pemadaman api, Pengelolaan stress (stress management), Peraturan  baris lberbaris dan tata upacar, Pembentukan sikap dan Mental (etika disiplin), Pembinaan kesamaptaan jasmani, Pengenalan Helicopter Basamas, Pengenalan Medical First Responder, Pengenalan high angle rescue techniques,  Pengenalan jungle rescue dan jungle survival, Pengenalan water rescue dan sea survival dan Observasi lapangan.(sg, fer)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda