sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Pendidikan

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Festival Cokelat Banyuwangi Promosikan Wisata Lokal

Para mahasiswa mancanegara meriahkan festival cokelat Banyuwangi.

Banyuwangi Larast Post - Kabupaten Banyuwangi yang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil cokelat terbaik di dunia menggelar Festival Cokelat.

Festival cokelat yang juga sebagai ajang promosi wisata lokal itu dihelat Perkebunan Kendeng Lembu PTPN XII di wisata Doesoen Kakao, Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (12/5).
           
Acara yang mempromosikan cokelat yang mendunia tersebut dihadiri Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, bersama istri hadir pula sejumlah pejabat intansi terkait serta sejumlah perwakilan mahasiswa dari beberapa negara.  

Acara tersebut juga dihadiri ribuan orang,  diantaranya tokoh ulama, Guru guru beserta ratusan siswa sekolah, para manager perkebunan, karyawan perkebunan dan  perwakilan dari Desa se Kecamatan Glenmore.       

Festival Cokelat ini dibuka langsung Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dengan mempromosikan kekayaan cokelat Banyuwangi yang diminati pasar dunia.
            
Salah satunya untuk mengenalkan bahwa cokelat yang paling enak juga ada di Kecamatan Glenmore.

"Glenmore adalah penghasil coklat terbaik dengan rasa dan karakteristiknya yang unik dan berbeda,” kata Anas.

Festival ini juga mengajak masyarakat untuk mengenal sejarah cokelat dunia dan Indonesia. Tak hanya itu di Cafe Doesoen Kakao ini para pengunjung dapat melihat sejarah perjalanan cokelat sejak tahun 1.900 Sebelum Masehi.

“Kalau kepingin merasakan cokelat yang paling enak, tempatnya ya di Glenmore ini, Di sini pengunjung bisa menikmati cokelat panas, sambil merasakan suasana,  sejuknya udara perkebunan kakao dan karet. Selain itu juga bisa belajar tentang pengolahan cokelat," ujar Anas lagi.    

Pada kesempatan itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas secara simbolis memotong imitasi buah cokelat berukuran sangat besar, yang di dalamnya dipenuhi ribuan permen cokelat, serta dibagikan dengan di lemparkan kepada semua orang dari atas panggung.

Tak hanya itu, semua yang hadir juga dapat menikmati berbagai macam sajian jajanan bernuansakan cokelat. Juga ribuan minuman cokelat yang disediakan free.                      

Sementara itu manager Kebun Kendeng Lembu Tito Tantular menambahkan, cokelat glenmore memang dikenal sebagai salah satu kualitas terbaik dunia. Yakni jenis Endel, cokelat ini memiliki jenis biji berwarna putih, dengan kadar lemaknya rendah dan tidak mudah leleh. Juga rasa cokelatnya cenderung terdapat buah buahan, Dan after tastenya menghasilkan rasa madu. "Iniah yang menjadikan rasanya paling enak di Dunia," imbuh Tito.

Titon menyebutkan, Cokelat yang diproduksi perkebunan Kendenglembu bisa mencapai 12 ton cokelat kering setiap musim panen, 80% cokelat yang dihasilkan dari Glenmore ini diekspor ke sejumlah negara, diantaranya Jepang, Jerrman, Prancis, Italia, Amerika, Malaysia, dan singapura. "Serta sebagian diolah sendiri sebagai permen cokelat untuk oleh oleh wisata," pungkasnya. (sutik)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda