sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Jam Layanan Puskesmas di Kota Bogor Sesuaikan Surat Edaran

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Rubaeah

Bogor, Laras Post - Selama bulan Ramadhan 1.439 Hijriah ini, seluruh Puskesmas yang berjumlah 25 unit berikut 30 Puskesmas Pembantu (Pustu) yang tersebar di wilayah Kota Bogor selalu siap untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kendati ada penyesuaian jam kerja sesuai dengan surat edaran dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Nomor 061.2/1636-org.

Begitu pun untuk tenaga medisnya, seperti dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Rubaeah, Kamis (17/05/2018), bahwa Dinkes Kota Bogor juga telah merekrut Pekerja Kontrak Waktu Tertentu (PKWT) untuk bisa memenuhi layanan kepada masyarakat.

"Untuk jam kerja sendiri kami (Dinkes) memang mengikuti aturan yang sudah ada sesuai dengan edaran dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Meskipun kami juga ada beberapa Puskesmas rawat inap, sehingga pelayanannya tidak berubah karena adanya petugas yang tetap piket untuk melayani masyarakat selama 24 jam," jelas Rubaeah.

Kendati dengan jumlah tenaga medis termasuk perawat masih dirasakan cukup kurang, namun Kadinkes memastikan bahwa hal tersebut tidak akan mengurangi pelayanan. Karena, walau bagaimana pun pelayanan optimal harus tetap diberikan kepada masyarakat.

"Jumlah tenaga dokter ini ada sekitar ratusan orang jumlahnya, sementara untuk perawat ada sekitar dua ratusan orang. Kalau jumlah bidan sendiri ada di kisaran 150 orang se-Kota Bogor. Memang ini masih sangat kurang. Di satu sisi kita tidak bisa merekrut atau mengangkat karena adanya moratorium, tapi di sisi lain yang pensiun kan terus berjalan. Kita maksimalkan saja tenaga yang ada," katanya.

Sekedar informasi, jam kerja ASN berdasarkan surat edaran di lingkungan Pemerintah Kota Bogor untuk Senin sampai Kamis, masuk pukul 07.30 WIB dan pulang pukul 14.30 WIB. Khusus Jumat, jam masuk sama dan jam pulang pukul 15.00 WIB.


Untuk unit kerja yang memberlakukan 6 hari kerja, Senin sampai Kamis dan Sabtu masuk pukul 07.30 WIB sampai pukul 13.30 WIB. Sedangkan Jumat jam pulang pukul 14.00 WIB. 


Dinkes Kota Bogor Selalu Siaga

Menghadapi arus mudik dan libur panjang Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) 1.439 H, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor akan tetap menyiagakan petugas dan layanan kesehatannya. Fasilitas dan pelayanan tersebut masih tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana disiagakan petugas kesehatan berikut fasilitas penunjangnya termasuk ambulans.

Hal itu disampaikan Kepala Dinkes Kota Bogor, Rubaeah, Kamis (17/05/2018), saat ditanya mengenai kesiapan dan layanan kesehatan yang akan tetap diberikan selama arus mudik dan liburan panjang Lebaran tahun 2018.

"Kalau yang untuk jaga saat arus mudik nanti, kita berkoordinasi dengan Polresta Bogor Kota. Sementara untuk yang layanan reguler lainnya kita sudah siap dengan Puskesmas-Puskesmas yang dimiliki, kita akan jaga 24 jam," jelasnya.

Jadi, sambungnnya, meskipun ada liburan panjang dan cuti bersama tidak akan mengganggu pelayanan kepada masyarakat. Sebab, adanya pengaturan petugas piket di masing-masing pos yang telah ditetapkan. Baik itu di posko gabungan saat arus mudik dan balik maupun di Puskesmas.

"Untuk ambulans pun kita siap, dan ini juga sudah ada di tiap-tiap kecamatan. Di kantor (Dinkes) kita juga ada (ambulans), jadi masyarakat tidak perlu khwatir apalagi kalau ada kasus-kasus darurat," tegas Rubaeah. (Dn-SZ)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda