sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Agraria

Regional

Hukrim

Laras Jatim

Bisnis

LARAS JATENG

Seni Budaya dan Hiburan

Selebrity

Pendidikan

Wisata

Olah Raga

LARAS JABAR

» » Kemenko PMK Terus Dorong Kerja sama dengan Pemerintah Iran



Jakarta, Laras Post - Kemenko PMK sangat menyambut baik dan terus mendorong upaya kerja sama yang dijajaki oleh Pemerintah Iran, khususnya di bidang pemberdayaan perempuan. 

"Ke depan, diharapkan kerja sama yang sudah baik ini dapat meluas lagi ke bidang-bidang lainnya termasuk ekonomi,“ ujar Menko PMK, Puan Maharani kepada wartawan usai menerima kunjungan Wakil Presiden Iran, Masuomeh Ebtekar, di ruang pertemuan utama kantor Kemenko PMK, Rabu (2/5).

Menko PMK mengungkapkan, peluang kerja sama antara Indonesia dengan Iran bidang pemberdayaan perempuan dan anak, mulai dari upaya perlindungan, penguatan pendidikan, kesehatan, hingga upaya kemandirian ekonomi. 

Menko PMK dalam paparannya di hadapan Madame Mousameh menegaskan bahwa pendidikan bagi perempuan sangat penting demi kemajuan mereka dan anak-anak mereka di masa depan, sembari terus berperan dalam pembangunan negara.

“Di bidang politik, kami terus mendorong keterpenuhan kuota 30 persen untuk perempuan di parlemen agar perempuan dapat mewakili suara kaumnya. Selain itu, kami punya Program Keluarga Harapan (PKH) yang dapat melatih perempuan Indonesia untuk mandiri secara ekonomi sambil coba menyehatkan keluarganya dengan memberikan makanan bergizi,” ujar Menko PMK lagi.

Ditambahkannya, di samping PKH, perempuan Indonesia juga diberdayakan dengan memanfaatkan program Dana Desa. 

Diharapkan para ibu di desa dapat menciptakan bahan pangan penuh gizi menggunakan bahan pangan lokal yang menjadi potensi di desa itu. 

Selain PKH, Menko PMK juga memaparkan pemberian bantuan pemerintah bagi warga miskin lainnya termasuk siswa tidak mampu melalui Kartu Indonesia Pintar yang sudah dibagikan kepada sekitar 19,7 juta anak sekolah, lalu Kartu Indonesia Sehat yang di tahun 2019 nanti diharapkan dapat memenuhi pelayanan kesehatan kepada seluruh rakyat Indonesia secara gratis.

“Melalui koordinasi antarkementerian teknis yang berada di lingkup koordinasi Kemenko PMK, saya akan minta terutama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak untuk menindaklanjuti peluang kerja sama dengan Iran ini, begitu juga dengan peluang kerjasama bidang lingkungan hidup. Indonesia siap berbagi pengalaman dan diajak bekerjasama. Khusus untuk ekonomi perempuan, kita berharap kerjasama kedua negara di bidang ini dapat menciptakan para perempuan yang dapat menjaga tidak hanya keluarganya tetapi juga ekonomi keluarganya, ” kata Menko PMK lagi.   

Madame Masoumeh, menurut Menko PMK, sebenarnya sudah empat kali datang ke Indonesia sejak menjabat sebagai Wapres Iran. 

Disampaikan Menko PMK, Wapres Iran sangat peduli dengan kelestarian lingkungan, penangananan masalah sampah plastik dan menjaga mata air dan berharap banyak terjalin kerjasama dengan Indonesia. 

Dalam pertemuan ini, Wapres Iran juga berbagi cerita tentang pemberdayaan perempuan di Iran. Para perempuan Iran, menurut Madame Mousameh, saat ini diketahui sangat sibuk mengejar pendidikan dan sudah 27 persen di antaranya merupakan perempuan dengan pendidikan tinggi.

“Kami memberikan pendidikan tambahan bagi mereka yang mau merintis usaha, mulai dari pelatihan, pengelolaan, hingga marketingnya. Kami berikan pula mereka pelatihan teknologi informasi agar nantinya mereka dapat memasarkan hasil usaha mereka bahkan ke dunia,” kata Madame Mousameh. (Wan

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda