sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Pendidikan

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » PT Molindo Raya Industrial Manfaatkan Limbah Jadi Tenaga Listrik dengan Teknologi Vinase Boiler

Direksi PT. Molindo Raya Industrial.

Malang, Larast Post - PT. Molindo Raya Industrial (MRI) perusahaan yang memproduksi ethanol akan melakukan terobosan baru terbarukan dengan memanfaatkan limbah industri menjadi energi listrik. Energi listrik ini diperoleh dari mesin yang disebut Vinase Boiler.

Vinase Boiler juga sebagai instalasi listrik pertama kali di Indonesia yang diterapkan MRI. Produsen ethanol terbesar se Nusantara ini beralasan, pihaknya ingin mewujudkan efisiensi energi industri yang ramah lingkungan.

Direktur Utama PT Molindo Raya Industrial, Arief Goenadibrata, menyampaikan, dengan mesin vinase boiler ini berharap akan tercapai faktor 3E, yakni Efisiensi, Energi dan Eflluent. Sehingga Molindo mempunyai kemampuan daya saing yang lebih di pasar, di bidang industri yang lebih ramah lingkungan, pelanggan juga akan menerima manfaat karena mendapatkan harga dan kualitas produk yang terbaik dan konsisten.

Ditambahkan pula, pihaknya berani berinvestasi cukup besar agar pengelolahan limbah itu bisa digunakan dengan baik, sehingga tidak mencemari lingkungan dan baik buat semuanya.

Nilai efisiensi oleh Arief maksudnya, instalasi ini nantinya bisa mengumpulkan energi yang selama ini terbuang sia-sia. Karena selama ini, pengolahan limbah ethanol berupa vinase cair hanya dengan cara dibakar. Tak hanya itu, penggunaan batu bara untuk boiler yang dibutuhkan selama ini bakal turun drastis.

"Kalau pemakaian batu bara nanti (bisa turun) 50 persen, otomatis reduksi limbah B3 dari batu bara juga semakin berkurang," kata Arief, Jumat (11/5/2018).

Mengingat produksi vinase cair oleh PT Molindo Raya Industrial disampaikan Arief cukup besar, yakni sekitar 1,2 juta liter setiap harinya. Pihak MRI pun memutuskan membangun instalasi hasil kerjasama dengan pabrikan di India tersebut.

Sebagai gambaran, instalasi listrik Vinase Boiler buatan KCP India ini nantinya dibangun di atas areal lahan seluas 1 hektare, dan tinggi instalasi sekitar 80 meter. Menurut rencana, instalasi senilai milyaran rupiah tersebut, akan bisa dioperasikan diawal tahun depan.

Untuk diketahui, vinase merupakan limbah dari proses fermentasi tetes tebu yang biasa disebut mollase menghasilkan ethanol beserta turunannya seperti spiritus, methanol, dan alkohol. (Muji)









«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda