sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Agraria

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Peristiwa

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

INFO BOLA

» » Jawab Tudingan, Jokowi Nyatakan TNI, Polri, dan BIN Netral



Jakarta, Larast Post - Netralitas TNI, Polri, dan Badan Intelijen Negara (BIN) dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak merupakan hal bersifat mutlak dan tak perlu diragukan lagi. 


Hal itu ditandaskan Presiden Joko Widodo menanggapi sejumlah tudingan terhadap netralitas tiga lembaga negara itu dalam pelaksanaan pesta demokrasi di Indonesia.

"Netralitas TNI, Polri, dan BIN itu adalah bersifat mutlak dalam penyelenggaraan Pemilu maupun Pilkada," tegas Presiden di kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (25/06/2018). 

Ia mengemukakan bahwa dirinya telah memberikan arahan kepada pimpinan masing-masing lembaga, yakni Kapolri, Panglima TNI, dan Kepala BIN untuk tetap menjaga netralitas para aparat negara di Pemilu dan Pilkada mendatang.

"Ini sudah saya tegaskan untuk disampaikan ke jajaran yang ada di Polri, TNI, dan BIN. Sudah saya sampaikan pada Kabin, Kapolri, dan Panglima TNI. Jadi tidak usah ditanyakan lagi," tuturnya.

Untuk mendukung sekaligus mengawasi jalannya pelaksanaan Pemilu dan Pilkada, Kepala Negara turut mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama ikut mengawasi dan melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila memang ditemukan kecurangan terkait hal itu.

"Kita juga mengundang masyarakat untuk bersama-sama mengawasi. Marilah bersama-sama kita awasi. Ada ketentuannya, kalau dilihat ada yang tidak netral silakan dilaporkan ke Bawaslu. Jelas sekali saya kira," terangnya. 

Untuk diketahui, sebelum kampanye pasangan Pilgub Jawa Barat Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi, di Hotel Santika, Bogor, Jawa Barat, Sabtu pekan lalu, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono meminta aparat netral menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 pada 27 Juni mendatang.

Presiden RI ke-6 ini pun menuding BIN-Polri-TNI tidak netral dalam pelaksanaan Pilkada tersebut. (her,sg,wn)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda