sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Agraria

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Peristiwa

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

INFO BOLA

» » 2019 Tahun Politik, Presiden Ingatkan TNI dan Polri Netral

Presiden Jokowi didampingi Panglima TNI dan Kasad tinjau penambahan fasilitas untuk para Babinsa.

Bandung, Larast Post - Saat memberikan arahan kepada para Babinsa di Kota Bandung, Presiden Joko Widodo mengingatkan agar para Babinsa serta seluruh anggota TNI dan Polri untuk terus memegang teguh komitmen netralitas dalam menjaga demokrasi di negara kita. Ia menegaskan bahwa politik yang dianut oleh aparat militer ialah politik negara dan tidak terlibat dalam politik praktis.

"Saya ingin mengingatkan kepada seluruh anggota Babinsa untuk menjaga netralitas. Karena memang Undang-Undangnya mengatakan itu. Politik TNI adalah politik negara. Politik TNI bukan politik praktis," ujarnya di Lanud Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Selasa, 17 Juli 2018.

Presiden mengemukakan bahwa politik TNI ialah mendukung kebijakan yang dijalankan oleh negara. Loyalitas TNI kepada bangsa dan negara juga harus selalu dijunjung tinggi guna memastikan proses demokrasi dapat berjalan dengan lancar, aman, dan damai.

"Politik negara itu politik seperti apa? Ya kesetiaan kepada negara. Kesetiaan kepada rakyat, wilayah NKRI, dan pemerintah yang sah," tuturnya.

Netralitas yang ditunjukkan oleh para Babinsa serta anggota TNI dan Polri diharapkan dapat menghadirkan keamanan dan situasi kondusif di tengah masyarakat. Dengan itu masyarakat pun akan semakin percaya bahwa TNI dan Polri benar-benar menjalankan tugasnya secara profesional.

"Karena sekarang ini kepercayaan publik, rakyat, dan masyarakat terhadap TNI itu berada pada posisi yang paling tinggi. Jangan sampai dirusak kepercayaan itu oleh tindakan-tindakan yang menjadikan masyarakat tidak percaya sehingga menurunkan kepercayaan", kata Presiden seraya mengucapkan selamat bertugas kepada para Babinsa.

Pastikan Kenaikan Dukungan Operasional Babinsa Sudah Diterima

Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi atas pengabdian dan kerja keras yang telah ditunjukkan seluruh Bintara Pembina Desa TNI AD (Babinsa) di Tanah Air. Ia memahami bahwa Babinsa bersama dengan anggota Polri berada pada baris terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa), baik yang berada di lingkup kerja Kodam III Siliwangi maupun di seluruh penjuru Tanah Air atas pengabdian, dedikasi, dan kerja keras. Bersama-sama dengan anggota Polri menjalankan tugas negara, menjaga keamanan dan ketertiban terutama dalam mengamankan jalannya Pilkada beberapa minggu lalu sehingga dapat berjalan dengan lancar, aman, dan damai," tuturnya di Hanggar Lanud Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Selasa, 17 Juli 2018.

Melihat tugas para Bintara yang selalu berada di pelosok desa dan keinginan pemerintah untuk meningkatkan profesionalisme serta kesejahteraan para Babinsa, Presiden Joko Widodo dalam arahannya kali ini juga memastikan bahwa kenaikan dukungan operasional bagi para Babinsa sebagaimana yang pernah diumumkan Presiden pada Juni lalu telah diterima para anggota di bulan Juli ini.

"Saya menaruh perhatian yang sangat besar pada peningkatan profesionalisme dan terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan Babinsa. Setiap saya ke daerah bertemu dengan Babinsa selalu yang masuk ke telinga saya mengenai tunjangan kinerja Babinsa," ucapnya.

Sejak tahun lalu, pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menyiapkan anggaran bagi dukungan operasional Babinsa.

"Ini yang tipe A dari Rp104.000 per bulan naik menjadi Rp900.000 per bulan. Catatan-catatan seperti ini perlu saya konfirmasi. Saya dapatnya dari Menteri Keuangan, saya cek katanya Juli sudah diterima. Kemudian yang Babinsa tipe B ini dari Rp440 ribu per bulan sekarang menjadi Rp1.200.000 per bulan," ujar Presiden merinci.

Sebanyak 4.505 anggota Babinsa yang hadir kemudian mengonfirmasi bahwa kenaikan besaran dukungan operasional sebagaimana yang disebutkan Presiden itu sudah diterima oleh mereka sejak awal bulan ini.

"Sudah!" sahut para anggota Babinsa kompak saat diminta konfirmasinya oleh Presiden.

Lebih jauh Presiden berujar, kenaikan dukungan operasional ini dimaksudkan untuk mendukung kegiatan para Babinsa yang berada pada baris terdepan dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara kita di wilayah pedesaan. Sebab, dalam praktiknya, anggota Babinsa turut terlibat dalam pelayanan sosial kepada masyarakat dan pembangunan di pedesaan.

"Karena saya tahu Babinsa berada pada barisan terdepan dalam menjaga keamanan, kedaulatan, dan ikut menjaga ketertiban yang ada di desa-desa," tandasnya.

Turut hadir mendampingi Presiden RI dalam acara ini, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, Pj Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan, Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi Mayor Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Inspektur Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto.(her, sg)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda