sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Direktur Operasi Laut Bakamla Beberkan Progress TPOM


Jakarta, Larast Post - Direktur Operasi Laut Bakamla Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo, S.T., M.Tr(Han) selaku Ketua Tim Perancang Operasi Maritim (TPOM) Indonesia membeberkan kegiatan yang telah dilaksanakan TPOM periode 25 Oktober 2017 hingga 18 Juli 2018 pada pertemuan ke-66 Coordinated Operation Control Committe Malaysia-Indonesia (COCC Malindo), di Hotel Hilton Bandung, beberapa waktu lalu.

Pertemuan yang berlangsung 16 hingga 20 Juli 2018 tersebut dipimpin Ketua/Pengerusi Bersama COCC Malindo Mayjen TNI Lodewyk Pusung beserta Asops Panglima TNI selaku Ketua COCC Indonesia dan Asisten Ketua Staf Operasi Dan Latihan Pertahanan Markas ATM Mej Jen Dato’ Sheikh Mokhsin Bin Sheikh Hassan selaku Ketua COCC Malaysia. 

Rapat dihadiri Para Ketua Tim Perancang Operasi badan-badan yang berada dibawah COCC Malindo untuk memberikan laporan kegiatan yang telah dilaksanakan, yang sedang berjalan, dan yang akan datang serta kendala yang dihadapi. 

Laksma TNI Rahmat Eko menyampaikan beberapa laporan, antara lain pembahasan dan evaluasi yang dilaksanakan dalam rapat TPOM ke-27 di Bali yang berlangsung pada 28 Maret 2018 tentang kegiatan Patroli Terkoordinasi (Patkor) yang telah dilaksanakan kedua negara yaitu Patkor Optima dan Patkor Kastima, kegiatan selain patroli dan juga revisi Protap Patkor Maritim. 

Disampaikannya bahwa Patkor Optima 26B/17 diikuti empat kapal patroli Indonesia dan 10 kapal patroli Malaysia, 10 boat dan 3 pesawat udara, dengan hasil berupa pemeriksaan sebanyak 403 kapal dan 11 kapal diproses hukum. Sedangkan untuk Patkor Kastima 23B/17 dilaksanakan kapal patroli Bea Cukai Indonesia dan JKDM Malaysia, melibatkan 11 kapal BC dan 9 kapal JKDM, dengan total hasil pemeriksaan sebanyak 602 kapal dan 15 diantaranya diproses hukum.

Selain itu disampaikan juga adanya kegiatan lain dalam rangkaian kegiatan Patkor yang perlu terus ditingkatkan, yaitu sosialisasi perundang-undangan, pertukaran informasi deteksi radar dan Patmar, kunjungan hormat ke instansi terkait, bakti sosial, olah raga bersama dan makan malam resmi.

Menanggapi laporan tersebut, Ketua/Pengurus Bersama COCC Malindo menekankan agar kegiatan berjalan sesuai jadwal yang telah disepakati, meningkatkan koordinasi dengan instansi maritim terkait, serta terus mendukung kegiatan lain guna pencegahan gangguan keamanan maritim. Disarankan pula adanya koordinasi intens dalam rangka merevisi Protap Patkor Maritim. (her,sg,wn)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda