sponsor

sponsor
Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Polkam

Polkam

Megapolitan

Ekonomi

Regional

Peristiwa

Laras Jatim

Hukrim

LARAS JATENG

Agraria

LARAS JABAR

Pendidikan

Seni Budaya dan Hiburan

Bisnis

Pernak Pernik

Olah Raga

» » Mantan Komandan Paspampres Dipromosikan Menjabat Pangkostrad

Andika Perkasa ketika menyerahkan jabatan Komandan Paspampres kepada Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono pada 2016 lalu. (photo : DOK).
Jakarta, Larast Post - Mantan Komandan Paspampres (Danpaspampres) Letjen TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., Ph.D dipromosikan dari Dankodiklatad menjadi Pangkostrad (Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat).

Hal itu berdasarkan surat keputusan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/673/VII/2018, tanggal 13 Juli 2018 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI. Keputusan itu menetapkan Mutasi Jabatan 29 Pati TNI yang terdiri atas 22 Pati jajaran TNI Angkatan Darat, 1 (satu) Pati jajaran TNI Angkatan Laut dan 6 (enam) Pati jajaran TNI Angkatan Udara.

Letjen Andika Perkasa sebelumnya memang telah diprediksi kalangan pengamat militer akan menjabat jabatan ini. "Bahkan tak lama lagi beliau akan menjabat jabatan penting yang lebih tinggi lagi di TNI AD," ucap salah satu sumber yang namanya tak ingin dipublikaiskan. 

Mantu dari petinggi salah satu partai politik yang juga mantan Kepala BIN Hendropriyono ini memang memiliki karir yang cukup gemilang.

Pada tahun 2016 lalu Andika Perkasa usai menjabat Komandan Paspampres dipromosikan menjabat Pangdam XII Tanjung Pura. Selanjutnya pada awal tahun 2018 Andika Perkasa enjabat Komandan Diklat TNI AD hingga dirinya mendapat promosi bintang tiga.

Lulusan Akademi Militer 1987 ini mengawali kariernya sebagai perwira pertama infanteri di jajaran korps baret merah (Kopassus) Grup 2 /Para Komando dan Satuan-81 /Penanggulangan Teror (Gultor) Kopassus selama 12 tahun, dan setelah penugasan di Departemen Pertahanan dan Mabes TNI-AD kembali bertugas di Kopassus sebagai Komandan Batalyon 32/Apta Sandhi Prayuda Utama, Grup 3 /Sandhi Yudha;

Letnan Jenderal TNI Andika Perkasa mengenyam pendidikan tinggi Strata-1 (Sarjana Ekonomi) di dalam negeri dan meraih 3 gelar akademik Strata-2 (M.A., M.Sc., M.Phil.,) serta 1 gelar akademik Strata-3 (Ph.D) dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Amerika Serikat.

Jabatan sebelumnya sebagai perwira menengah (pamen) pada kepangkatan Kolonel (Inf.) adalah Sespri Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Komandan Resimen Induk (Danrindam) Kodam Jaya/Jayakarta di Jakarta, Komandan Resor Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera Kodam I/Bukit Barisan berkedudukan di Kota Sibolga, Provinsi Sumatera Utara. 

Kemudian di promosi ke jabatan perwira tinggi (pati) dengan pangkat Brigadir Jenderal TNI sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI-AD (Kadispenad), Jakarta pada tanggal 25 November 2013 berdasarkan Keputusan Panglima TNI No. Kep/871/XI/2013 tanggal 8 November 2013. 

Selanjutnya pada tanggal 22 Oktober 2014 ia dilantik sebagai Komandan Paspampres, tepatnya 2 (dua) hari setelah pelantikan Ir. Joko Widodo dan Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2014-2019.(her, sg)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Silahkan berikan komentar anda